androidvodic.com

Pengamat Sebut PLN Sudah Sesuai Jalur untuk Upaya Transformasi Tahun 2023 - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi), Sofyano Zakaria menyebut transformasi yang dilakukan PLN berdampak baik terhadap layanan bagi masyarakat. Transformasi PLN terasa bagi pelanggan, khususnya pada sisi inovasi digital lewat aplikasi PLN Mobile. 

"Banyak transformasi dan inovasi digital yang sudah dilakukan PLN dengan predikat sangat bagus. Dan dampaknya bagus bagi bisnis dan pelanggan yang ada di seluruh Indonesia," kata Sofyano kepada wartawan, Sabtu (27/1/2024).

Selain itu PLN juga dipandang berperan dalam menjalankan proses bisnis dengan tetap mengutamakan kelestarian lingkungan secara kontinyu.

Hal ini kata dia dibuktikan di mana PLN mendapat 20 penghargaan Program Penilaian Kinerja Perusahaan (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

"Raihan proper emas dari tahun ke tahun yang jumlahnya terus meningkat membuktikan bahwa PLN sudah mengelola perusahaan secara pruden dan ramah lingkungan secara menyeluruh dan kontinyu," kata Sofyano.

Pada ajang Subroto Award 2023 yang digelar September oleh Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), mencatatkan PLN meraih delapan penghargaan. 

Penghargaan Subroto merupakan apresiasi Kementerian ESDM kepada para pemangku kepentingan di sektor ESDM yang memiliki kinerja terbaik.

Selanjutnya, PLN juga meraih penghargaan yang berasal dari skala internasional pada 2023. Diantaranya meraih dua penghargaan pada ajang Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di bulan Oktober. 

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil membawa pulang 8 penghargaan pada ajang Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di bulan Agustus.

Menurut Sofyano, budaya kerja kuat tersebut dapat membuat PLN mudah untuk melakukan transformasi dan inovasi. Dirut PLN Darmawan Prasodjo disebut jadi sosok dibalik peningkatan kinerja PLN

Hal ini selaras di mana Darmawan juga dinobatkan sebagai CEO Of The Year dari media internasional dalam dua tahun berturut-turut.

"Terlebih saat ini, PLN dipimpin oleh Darmawan Prasodjo," katanya.

Baca juga: Pengamat Energi UGM: Penerapan Teknologi Co-Firing dari PLN Terbukti Tekan Emisi Karbon

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat