androidvodic.com

Soal BUMN Jadi Koperasi, Erick Thohir Disebut Sebar Hoaks dan Tak Berpikir Kritis, Begini Awalnya - News

News, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir disebut telah menyebarkan berita bohong atau hoaks, hingga tidak memiliki pemikiran kritis.

Tuduhan kepada Erick dilayangkan calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden Muhaimin Iskardar karena telah menuduh Timnas AMIN memiliki keinginan mengubah BUMN jadi koperasi.

Tak terima Erick disebut telah menyebar hoaks, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pun menyebut pernyataan Erick soal BUMN diubah jadi koperasi hanya menanggapi pertanyaan wartawan.

Baca juga: Wamen Tiko Soal Usul BUMN Diubah Jadi Koperasi: Kita Sesuai Undang-undang

"Jadi Pak Menteri (beberapa waktu lalu) ada pertemuan, kemudian ketemu wartawan, kemudian wartawan tanya 'Pak Menteri ini ada wacana dari salah satu pihak yang mengatakan bahwa BUMN akan dioperasikan' Ya Pak Menteri langsung jawab," Arya, Rabu (7/2/2024).

Sebar Hoaks

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyebut Erick Thohir telah menyebarkan hoaks soal isu BUMN bakal dijadikan koperasi jika paslon Anies-Cak Imin (AMIN) menang.

“Erick Thohir menyatakan AMIN mau menutup BUMN menjadi koperasi, itu narasi yang dibuat-buat mengada-ada dan kehilangan isu,” kata Cak Imin di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (6/2/2024).

Cak Imin menilai Erick telah melakukan blunder dengan menyebarkan isu tersebut.

Hal tersebut karena alih-alih mendapat respons positif, Cak Imin menilai Erick justru merendahkan dirinya sendiri

“Hoaks yang disebarkan oleh Erick Thohir, untuk menaikan derajat dia, malah merendahkan dia,” kata Imin.

Tak Berpikir Kristis

Anies menilai Erick Thohir telah membuat fitnah kepada Timnas AMIN terkait membubarkan BUMN dan diganti menjadi koperasi.

"Saya sampaikan itu tidak benar (BUMN diubah koperasi). Itu fitnah, fitnah yang tidak masuk akal," kata Anies saat menghadiri acara Desak Anies di Semarang pada Senin (5/2/2024) malam.

Anies mengatakan ide untuk membubarkan BUMN untuk diganti koperasi merupakan sesuatu yang mustahil.

"Jadi ketika itu kemudian pak menterinya yang ngomong loh, pak menterinya memang tidak berpikir kritis gitu?" ujar Anies.

Ciptakan Pengangguran 1,6 Juta Orang

Sebelumnya, Erick menilai pandangan timses salah satu paslon yang menyatakan akan membubarkan BUMN dan diganti dengan koperasi sama saja dengan memunculkan pengangguran baru sebanyak 1,6 juta orang yang merupakan pegawai BUMN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat