androidvodic.com

Dorong Operasional Berbasis Digitalisasi, Holding Perkebunan Nusantara Diapresiasi Dua Kementerian - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Sanusi

News, JAKARTA - Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian BUMN mengapresiasi implementasi digitalisasi berbasis internet of things, yang dilakukan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) di operasional perusahaan yang bergerak di komoditas sawit.

Kedua kementerian juga mengapresiasi strategi mekanisasi dan kebijakan operasional berbasis keberlanjutan lewat dekarbonisasi yang dijalankan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero)

Asisten Deputi Pengembangan Agribisnis Perkebunan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mochamad Edy Yusuf dan Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Faturohman menyatakan masa depan industri perkebunan sawit adalah berbasis teknologi, mekanisasi dan keberlanjutan.

"Masa depan perkebunan sawit nasional adalah seperti yang dilaksanakan Holding Perkebunan ini," kata Edy di acara kunjungan kerja ke PTPN IV PalmCo Regional 3 Provinsi Riau, Rabu (7/2/2024).

Kunjungan kerja turut dihadiri Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan III (Persero) Mahmudi, Direktur Keuangan M Iswahyudi, dan Direktur Hubungan Kelembagaan M Arifin Firdaus serta  Board of Regional Management Regional 3 PTPN IV.

Mereka meninjau penerapan digitalisasi berbasis IoT dan mekanisasi serta dekarbonisasi di PTPN IV PalmCo Kebun Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Riau.

Pabrik kelapa sawit (PKS) dan pembangkit tenaga biogas (PTBg) Sei Pagar menjadi lokasi pertama mengawali kunjungan kerja perdana di tahun 2024 ini.

Di sana, mereka menyaksikan langsung aplikasi besutan Holding Perkebunan seperti Millena, Intank Control, CMMS, Simoli, dan lainnya yang memperkuat kinerja operasional perusahaan pada sektor off-farm.

Baca juga: Negara Produsen Minyak Kelapa Sawit Tak Dilibatkan Uni Eropa Terkait Kebijakan EUDR

Tim juga menyaksikan langsung keberadaan PTBg co firing Sei Pagar, yang merupakan satu dari enam pembangkit tenaga biogas yang dihasilkan dari pengolahan limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME) di seluruh PTPN IV PalmCo Regional 3.

Keberadaan PTBg tersebut menjadi bagian dari peningkatan nilai tambah perusahaan terutama dari penjualan by product seperti cangkang.

Baca juga: PTPN V Kembangkan Musuh Alami untuk Atasi Hama Kelapa Sawit

Sementara pada sektor on-farm, kombinasi IoT dan mekanisasi seperti sistem informasi berbasis geospasial atau GIS, Arfina, DFarming, NBex, AWS, dan lainnya turut meningkatkan efesiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat