androidvodic.com

Dunia Usaha di AS Beri Sinyal Adanya Ketidakpastian Ekonomi - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, AMERIKA SERIKAT -- Perusahaan-perusahaan publik Amerika Serikat (AS) menunjukkan tanda utama ketidakpastian ekonomi - mereka telah menimbun uang tunai.

Orang Amerika telah menghabiskan tabungan mereka di era pandemi dan bahkan lebih banyak lagi. Tunggakkan kartu kredit dan kredit kendaraan bermotor tidak hanya melampaui tingkat sebelum pandemi, tetapi juga merupakan yang tertinggi selama lebih dari satu dekade.

Namun, perusahaan-perusahaan AS berpegang teguh pada uang mereka - mereka meningkatkan uang tunai mereka sepanjang paruh pertama tahun lalu sebesar 13 persen menjadi 2,35 triliun dolar AS dari 2,08 triliun dolar AS pada akhir 2022.

Baca juga: Perekonomian Thailand Masuki Fase Krisis, PM Srettha Thavisin Terbitkan Stimulus

Perusahaan-perusahaan juga mengurangi pembelian kembali saham, menurut laporan 'Tumpukan Uang Tunai' terbaru dari Moody's Investors Service.

"Dorongan adanya tingkat ketidakpastian yang kita hadapi," ujar Vijay Govindarajan, profesor di Tuck School of Business di Dartmouth dikutip dari CNN, Kamis (8/2/2024).

Ada biaya peluang yang tinggi untuk menyimpan uang tunai. Perusahaan berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dengan berinvestasi di bisnis mereka sendiri atau di sekuritas dibandingkan dengan suku bunga deposito yang relatif rendah.

Dan perusahaan-perusahaan yang memiliki utang yang sudah ada dan mahal dalam lingkungan dengan suku bunga tinggi kemungkinan besar ingin menggunakan uang tunai mereka untuk membayarnya.

"Dari Covid hingga perang [di Ukraina dan Timur Tengah], ada kurangnya prediktabilitas di seluruh dunia. Sekitar 60 negara mengadakan pemilihan umum tahun ini, dan bahkan konsep demokrasi pun dipertanyakan," kata Govindarajan.

Ketidakpastian tersebut, kata Govindarajan, adalah alasan mengapa perusahaan-perusahaan ingin menjaga aset mereka tetap likuid - agar mereka memiliki fleksibilitas maksimum di dunia yang sangat tidak dapat diprediksi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat