androidvodic.com

Pelindo Optimalkan Fasilitas Terminal Saat Terjadi Lonjakan di Long Weekend - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Pelindo mengoptimalkan layanan pelabuhan selama libur panjang yang bertepatan dengan periode libur Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek yakni pada 8 hingga 11 Februari 2024.

"Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder kepelabuhanan terus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa," ujar Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono, Kamis (8/2/2024).

Menurut Ali, libur long weekend ini berpotensi mendorong peningkatan pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan liburan lewat jalur laut, terlebih di daerah tujuan wisata yang ada di pulau Sumatera, Jawa, maupun Bali-Nusa Tenggara.

"Berdasarkan data historis, termasuk terminal penumpang tersibuk pada masa liburan yaitu Terminal Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, dan Tanjung Perak," tambahnya.

GM Tanjung Pinang, Darwis memastikan seluruh terminal penumpang tersebut siap melayani para penumpang.

"Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, mushola, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, dan personil keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat dan lancar," terang Darwis.

Standar layanan yang sama telah diterapkan Perseroan selama libur Nataru 2023/2024 yang lalu, dengan total pergerakan sebanyak 1,6 juta orang di 63 terminal penumpang Pelindo yang tersebar dari Barat hingga Timur Indonesia.

Baca juga: Libur Long Weekend, Pergerakan Penumpang Pesawat Diperkirakan Naik 5 Persen

Di 2024 Pelindo juga akan melakukan penambahan X Ray di lebih dari 10 Pelabuhan seperti Tanjung Balai Asahan, Benoa, Bitung, dan Jayapura, untuk dapat meningkatkan pelayanan terkait dengan keamanan, serta melanjutkan renovasi terminal penumpang di Pelabuhan Ambon, Manokwari, Gunung Sitoli dan Lembar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat