androidvodic.com

Pesan Sri Mulyani di HPN 2024: Rekam dan Laporkan Peristiwa Sejarah, Jadilah Sumber Terpercaya - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, KINABALU - Seluruh insan pers Indonesia hari ini memperingati Hari Pers Nasional 2024 dengan tema "Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa," Jumat (9/2/2024).

Menteri Keuangan Sri Mulyani turut menyampaikan ucapan bagi peran pers nasional yang dia bagikan dalam akun Instagram resminya @smindrawati pada Jumat.

"Saya Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan Republik Indonesia mengucapkan selamat hari pers nasional kepada seluruh insan pers di Indonesia. Peranan pers adalah sangat penting dan fundamental bagi sebuah negara yang menganut sistem demokrasi," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengatakan, pers menjalankan tanggung jawab penting untuk meningkatkan peradaban, membangun pemikiran dan menjadi sumber informasi yang mengedukasi bagi masyarakat.

"Maka insan pers juga harus beradaptasi bagaimana mampu untuk terus melaporkan, merekam dan menyiarkan peristiwa sejarah dan berbagai pelajaran hidup yang penting bagi bangsa, namun tetap menjadi sumber yang terpercaya," kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani berpendapat, pers juga berperan dalam pemberitaan yang berasaskan kebenaran hingga keberimbangan. Melalui itu, peran pers menjadi bagian dari pembangunan martabat bangsa.

"Saya sangat menghargai kerja keras dan dedikasi para insan pers yang terus harus bekerja sangat keras beradaptasi dan bahkan harus melawan berbagai arus perubahan yang tidak selalu mampu menjaga kejernihan kecerdasan dan integritas informasi bagi masyarakat Indonesia," ungkap Sri Mulyani.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Hari Pers Nasional, Berikut Tema dan Logo Peringatan HPN Tahun 2024

"Tidak hanya menjadi saksi pasif bagi peristiwa-peristiwa di Republik Indonesia, namun menjadi pelaku aktif di dalam membentuk sejarah Indonesia," imbuhnya.

Terakhir, Sri Mulyani mengatakan bahwa sistem demokrasi dan kepemimpinan nasional melalui pemilihan umum akan sangat membutuhkan peranan pers yang penting.

Dia bilang, pers juga dibutuhkan untuk memberikan informasi yang jernih, bahkan mampu menjadi sumber informasi terpercaya.

Baca juga: Hari Pers Nasional 2024: Sejarah, Tema, dan Logo Peringatan ke-78

"Yang mampu menjaga integritas dari pemberitaan. Namun pada saat yang sama juga komitmen untuk menjaga keutuhan bangsa," tutur dia.

"Terima kasih juga atas nama kementerian keuangan, bahwa pers nasional terus menjadi teman dan sekaligus menjadi partner untuk mengidentifikasi masyarakat di bidang keuangan negara," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat