androidvodic.com

PLN Tambah Daya 60 Megavolt Ampere ke Smelter Freeport Indonesia di Gresik - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memasok tambahan daya menjadi sebesar 60 Megavolt Ampere (MVA) untuk smelter tembaga milik PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Jawa Timur.

Sebelumnya pada September 2023 PLN juga telah memasok daya listrik tahap I sebesar 30 MVA.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, PLN mendukung penuh upaya pemerintah mendorong hilirisasi industri mineral melalui penyediaan listrik yang andal dengan harga kompetitif.

Menurutnya, hilirisasi menjadi langkah strategis untuk meningkatkan nilai komoditas mineral dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

“PLN menyadari bahwa kehadiran listrik menjadi faktor penting bagi aktivitas industri. Terutama untuk hilirisasi industri mineral yang membutuhkan listrik dengan daya besar dan andal,” ungkap Darmawan dalam keterangannya, Jumat (9/2/2024).

Darmawan menegaskan, pihaknya siap memenuhi kebutuhan listrik sektor industri mineral yang terus meningkat setiap tahun.

Komitmen ini sesuai dengan misi PLN yang tidak hanya melayani kebutuhan masyarakat, tapi sekaligus mendukung pertumbuhan industri dalam negeri.

"Ketersediaan energi listrik menjadi faktor krusial di berbagai sektor bisnis dan industri. PLN berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan yang tinggi," papar Darmawan.

"Hal ini dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumen pelanggan, termasuk sektor industri smelter," pungkasnya.

Baca juga: DPR: Pemerintah Harus Audit Seluruh Smelter Perusahaan China

Penyediaan listrik untuk PT Freeport Indonesia di KEK Jawa Timur dilakukan dalam IV tahap. Rinciannya, tahap I sebesar 30 MVA, tahap II sebesar 60 MVA, tahap III sebesar 110 MVA dan tahap IV sebesar 170 MVA.

Baca juga: PGN Salurkan LNG ke Pelanggan Smelter di Sulawesi Tenggara

Dengan kecukupan pasokan listrik, PLN berharap nantinya setelah beroperasi, hasil produksi smelter PT Freeport Indonesia dapat mendukung industri hilir lainnya seperti pabrik kabel, mobil listrik dan lain-lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat