androidvodic.com

Jelang Pemilu, Pertamina Lakukan Penebalan Stok LPG dan BBM di Pantura-Madura - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menambah pasokan LPG 3 kilogram di tingkat agen dan pangkalan sebanyak 969 metrik ton (MT) atau sebesar 47,7 persen dari konsumsi normal harian 2.031 MT untuk Kabupaten/Kota di Pantura Madura Jawa Timur.

Area Manager Comm, Rel & CSR Ahad Rahedi mengatakan, penambahan pada kota/kabupaten tertentu di Jawa Timur berdasarkan proyeksi kenaikan konsumsi dan pemantauan konsumsi beberapa pekan terakhir.

"Kabupaten/Kota lainnya yang tidak ada penambahan stoknya dirasa cukup melihat tidak ada kenaikan konsumsi yang cukup berarti selama beberapa hari libur tanggal merah ini dan stok di agen dan pangkalan daerah tersebut dalam kondisi mampu memenuhi kebutuhan beberapa hari kedepan," ujar Ahad dalam keterangannya, Minggu (11/2/2024).

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina di Pulau Jawa Hari Ini, 9 Februari 2024

Selain itu, Ahad mengatakan bahwa penambahan juga dilakukan untuk Kabupaten Bondowoso, Jember dan Lumajang total sebesar 124 MT atau sebesar 8,1 persen dibanding konsumsi normal harian pada 3 kabupaten tersebut.

"Jumlah diatas adalah extra dropping untuk Agen Pangkalan. Sedangkan untuk Jatim dinaungi oleh 3 Storage LPG Utama yakni Surabaya, Gresik dan Bunyuwangi total ketiganya mencapai 15.372 MT dengan konsumsi rata-rata harian sebesar 4.035 metrik ton/hari," imbuhnya.

Di sisi lain, Ahad menyatakan bahwa untuk BBM jelang pemilu ini tidak ada kenaikan konsumsi signifikan, namun demikian Pertamina tetap mempertebal stok untuk seluruh SPBU se-Jatimbalinus sebesar 2 persen untuk gasoline (bensin) dan 3 persen untuk Gasoil (diesel).

Dia bilang, penambahan itu berdasarkan proyeksi kenaikan konsumsi tidak terlalu signifikan yakni 0,9 persen untuk gasoline dan 1,3 persen untuk gasoil.

"Masyarakat kami himbau untuk membeli LPG 3kg di Pangkalan Resmi Pertamina menggunakan KTP mengikuti Edaran Pemerintah demi mensukseskan program Subsidi Tepat LPG 3kg. Agar kondisi penyebab kelangkaan bisa diminimalisir," ucap dia.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Pertamina Patra Niaga Jamin Stok Layanan Energi Terpenuhi

"Untuk BBM, kami himbau untuk transaksi cashless di SPBU agar mempercepat antrian dan guna menambah kenyamanan kami sediakan beragam promo menarik melalui aplikasi MyPertamina," sambungnya.

Sementara itu, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan bahwa pasokan BBM, Avtur dan LPG secara nasional sangat mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa liburan dan jelang Pemilu 2024

"Pertamina berkomitmen memberikan layanan penuh dengan menyiagakan seluruh sarana dan fasilitasnya untuk melayani kebutuhan energi masyarakat," ujar Fadjar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat