androidvodic.com

Beras SPHP Bulog Mulai Langka di Pasar Ritel Modern - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Beras medium program Stabilitas Pasokan Harga Pangan (SPHP) dari Badan Urusan Logistik (Bulog) mulai susah dicari, bahkan di pasar ritel modern mengalami kelangkaan.

Pengamatan Tribunnews di Alfamart Jalan Margonda Raya Depok, beras SPHP Bulog sudah tidak ada sejak tiga Minggu yang lalu atau akhir Januari 2024. Bahkan, beras jenis lain pun tak nampak satupun di rak-rak besi outlet Alfamart.

Pramuniaga toko Alfamart mengatakan, seluruh jenis beras baik SPHP maupun yang premium sudah sulit ditemukan bahkan di seluruh outlet Alfamart. Kehadiran beras SPHP di outletnya itu terakhir di awal Januari 2024.

Baca juga: Pedagang Pasar: Harga dan Keberadaan Beras Semakin Tak Jelas

"Hampir tiga Minggu semua beras kosong semua toko, enggak bakal ada. Kosong dari supplier nya," kata pramuniaga Alfamart saat ditemui Tribunnews, Senin (12/2/2024).

"Beras lagi kosong semua. Awal Januari masih ada," imbuhnya menegaskan.

Sementara itu, pantauan Tribunnews di Hypermart Jalan Margonda Raya Depok, beras medium SPHP Bulog juga mengalami kelangkaan alias stoknya sudah habis.

"Kosong, kemarin sih masih ada. Sekarang sudah habis," ujar pramuniaga Hypermart Depok, saat ditemui Tribunnews, Senin.

Beras yang dijual ritel modern itu hanya beras merek Setra Ramos Putih Pulen Rp 63.390 per 5 kilogram (Kg). Beras Setra Ramos cap Anak Raja Rp 54.500 per 5 kg.

Beras Setra Ramos Premium cap Topi Koki Rp 69.500 lalu Beras long grain Hypermart Rp 139.000 per 5 kg dan Beras pandan wangi Rp 94.500 per 5 kg.

Bahkan, Hypermart menerapkan kebijakan pembelian beras maksimal 1 pack per orang untuk seluruh jenis beras. Aturan ini sudah berjalan mulai 28 Desember 2023 lalu.

Baca juga: Serikat Buruh: Ibu-Ibu Ngeluh Harga Beras Rp 17.000 per Kg, Ini Bisa Meledak Terkait Urusan Perut

Bapanas Gelontorkan Beras Premium

Di sisi lain, Badan Pangan Nasional (Bapanas)/National Food Agency (NFA) akan menggelontorkan beras medium Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) sebanyak 100 ribu ton ke pasar ritel modern.

Kepada Bapanas/NFA Arief Prasetyo Adi mengatakan, pasokan beras SPHP ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat