androidvodic.com

Menteri BUMN Targetkan Jumlah Nasabah Program Mekaar Bertambah 5 Juta - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan jumlah nasabah program Mekaar bertambah sekira 5 juta orang.

Erick memaparkan, saat ini jumlah nasabah mencapai 15 juta orang. Namun, diharapkan akan menjadi 20 juta orang sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Sesuai arahan bapak presiden kalau bisa angka PNM Mekaar ini 20 juta," ujar Erick di Jakarta International Velodrome, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Direktur Utama PNM Arief Mulyadi Raih Penghargaan Top 100 CEO 2023 dari Infobank Media Group

Diketahui, target 15 juta nasabah Mekaar sudah tercapai delapan bulan lebih cepat dari tenggat waktu. Erick optimistis target 20 juta nasabah bisa tercapai.

Holding Ultra Mikro (BRI, Pegadaian, dan PNM) sedang merancang siklus baru untuk program Mekaar. Erick mengungkapkan, 1 juta ibu-ibu nasabah PNM Mekaar telah naik kelas, dari sebelumnya berstatus ultra mikro, ke usaha mikro, bahkan menjadi UMKM.

"Setiap tahun berapa ratus ribu terus naik, nyata bahwa ada memang pertumbuhan dari ultra mikro ke UMKM. Ultra mikro ke mikro, mikro ke UMKM," tambah Erick.

Sedangkan, Direktur Utama PNM Arief Mulyadi menuturkan, 15 juta nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia, merupakan bagian dari 37 juta nasabah Holding Ultramikro bersama BRI dan Pegadaian.

"Sejak 2016 PNM telah mendanai 19 juta nasabah," tuturnya.

Sedangkan, dark jumlah nasabah tersebut 1,2 juta dalam dua setengah tahun bergabung dalam Holding Ultramikro telah naik kelas ke BRI maupun Pegadaian. Dia juga mencatat 13,7 juta nasabah Mekaar memiliki tabungan Simpedes UMi dengan rata-rata saldo Rp 100.000 hingga Rp 200.000.

Baca juga: Direktur Utama PNM Arief Mulyadi Raih Penghargaan The Best CEO di Ajang Top BUMN Awards 2023

"Ini merupakan awal untuk memberi stimulus pergerakan ekonomi," terang Arief.

Di 2023, kata Arief, pihaknya bersama BRI dan Pegadaian telah melakukan 4,7 juta kali pelatihan untuk edukasi dan literasi keuangan. Sedangkan, dari total 700 ribu agen BRILink, 153 ribu merupakan agen BRILink Mekaar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat