androidvodic.com

Riset Celios-CREA: Dampak Ekonomi Hilirisasi Nikel Menurun Setelah Tahun Ke-5 - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA - Center of Economic and Law Studies (Celios) bersama Center for Research on Energy and Clean Air (CREA) memaparkan hilirisasi nikel hanya memberi keuntungan hingga tahun ke-5. Setelahnya, akan mengalami penurunan.

Hal tersebut diutarakan Direktur Eksekutif Celios Bhima Yudhistira saat memaparkan hasil riset Celios bersama CREA bertajuk 'Membantah Mitos Nilai Tambah, Menilik Ulang Industri Nikel'.

Bhima menyampaikan, penelitian bersama CREA menyoroti tiga provinsi utama operasi pengolahan nikel, yaitu di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara.

"Kehadiran industri pengolahan nikel membawa dampak ekonomi yang perlu dilihat secara komprehensif," ujar Bhima di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Di satu sisi, industri nikel mampu mendongkrak laju ekspor khususnya produk feronikel dan NPI. Namun penghitungan dampak ekonomi perlu melihat berbagai aspek, beberapa di antaranya terkait keberlangsungan perekonomian karena penggunaan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dari batubara.

Ditambah lagi, ucap Bhima, standar industri nikel yang tidak memperhatikan aspek lingkungan, dan kontribusi terhadap perekonomian masyarakat justru berdampak buruk dalam jangka panjang.

"Dalam skenario saat ini atau business-as-usual (BAU), operasi industri pengolahan nikel di Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara hanya menghasilkan PDB positif sebesar Rp62,8 triliun pada tahun ke-5 atau tahap konstruksi," terang Bhima.

Kemudian menurun setelah dampak lingkungan hidup dan kesehatan mulai memperlihatkan efek negatifnya terhadap total output perekonomian.

Baca juga: Celios: Hilirisasi Nikel Jika Tidak Hati-Hati Bisa Tamat Cepat

Degradasi lingkungan mengakibatkan penurunan manfaat ekonomi secara bertahap, terutama setelah tahun ke-8 dalam skenario yang dilakukan CELIOS, dan indikator negatif muncul pada tahun ke-9.

"Proyeksi ini juga berlaku baik di tingkat nasional maupun regional dengan skenario BAU," kata Bhima. Kegiatan industri pengolahan nikel memiliki dampak yang kecil terhadap pengurangan angka ketimpangan antar wilayah.

Industri nikel pada skenario existing (BAU) terbukti mempunyai dampak ekonomi dan penyerapan tenaga kerja yang lebih negatif dibandingkan dengan skenario energi terbarukan (ET) dan instalasi APC (Air Pollution Control).

Baca juga: Faisal Basri Sanggah Jokowi soal Hilirisasi Nikel Beri Untung Rp 510 T: Angka-angkanya Tidak Jelas

Meskipun jika penerapan langkah-langkah seperti sumber energi terbarukan (ET) untuk menggantikan PLTU dan pengendalian polusi udara (APC-Air Pollution Control) untuk memitigasi dampak buruk dari emisi gas buang dilakukan.

"Analisis kami menunjukkan bahwa dampak ekologi dan biaya kesehatan pada pekerja dan masyarakat lokal tidak dapat dimitigasi sepenuhnya," ujar Bhima.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat