androidvodic.com

7 Kelebihan Menggunakan Metode Transaksi QRIS - News

News - Dalam era digital yang terus berkembang, metode pembayaran yang cepat, aman, dan efisien menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting. Salah satu inovasi yang telah mengubah cara kita bertransaksi adalah metode pembayaran QRIS.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR nasional yang memfasilitasi pembayaran digital melalui aplikasi yang terhubung dengan e-wallet dan atau mobile banking. Metode pembayaran ini telah mendapatkan popularitas yang tinggi di Indonesia.

Bank Indonesia (BI) sebagai regulator telah secara resmi menginstruksikan implementasi QRIS sebagai standar kode QR nasional sejak 1 Januari 2020.

QRIS merupakan sebuah sistem yang memungkinkan transaksi pembayaran digital dengan menggunakan kode QR yang dapat dipindai melalui aplikasi yang mendukung QRIS. Kode QR tersebut mengandung informasi tentang transaksi seperti jumlah pembayaran dan identitas penerima pembayaran.

Pengguna cukup memindai kode QR menggunakan kamera ponsel mereka dan melakukan konfirmasi pembayaran melalui aplikasi yang terhubung dengan dompet digital atau layanan perbankan yang mereka gunakan.

Cara kerja QRIS sangatlah sederhana namun efektif. Setelah pengguna memindai kode QR dengan aplikasi yang sesuai, mereka akan diminta untuk memasukkan jumlah pembayaran yang akan dilakukan.

Pengguna akan menyelesaikan pembayaran dengan mengonfirmasi transaksi melalui PIN atau kode keamanan lainnya. Setelah transaksi selesai, baik penerima maupun pengirim akan menerima notifikasi sebagai bukti pembayaran yang sukses.

QRIS memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna dan pemilik usaha. Berikut penjelasan mengenai 7 kelebihan menggunakan metode transaksi QRIS yang harus kamu ketahui!

1. Kecepatan Transaksi

Salah satu keunggulan utama menggunakan metode transaksi QRIS adalah kecepatan dalam melakukan transaksi. Pelanggan tidak perlu repot membawa uang tunai saat membayar menggunakan QRIS. Pemilik usaha juga jadi tidak perlu susah-susah mencari uang kembalian.

Transaksi dengan QRIS dapat dilakukan dengan cepat hanya dengan memindai kode QR melalui aplikasi yang mendukung, memasukkan nominal pembayaran, dan menyelesaikan pembayaran.

2. Kemudahan Melakukan Transaksi

Kehadiran metode pembayaran QRIS juga memberikan kemudahan bagi pemilik usaha. Sebagai contoh, di Indonesia saat ini terdapat banyak layanan dompet digital atau e-wallet yang telah mendapatkan lisensi resmi. Pemilik usaha harus mendaftar di setiap layanan tersebut jika ingin membuka beragam pilihan pembayaran. Hal tersebut tentunya akan memakan waktu dan tenaga yang cukup besar, terutama bagi bisnis kecil.

Melalui layanan pembayaran QRIS, pemilik bisnis tidak perlu mendaftar sebagai merchant di setiap layanan pembayaran digital yang ada. Pemilik bisnis hanya perlu mendaftar satu kali dan dapat menerima pembayaran dari berbagai bank atau dompet digital yang mendukung QRIS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat