androidvodic.com

Industri Dalam Negeri Didorong Jalankan Transformasi Digital untuk Naikkan Daya Saing - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Pemerintah terus mendorong industri di dalam negeri agar bertransformasi digital demi meningkatkan daya saingnya.

Industri yang telah menjalankan transformasi industri 4.0 yaitu dua anak usaha PT Semen Indonesia (SIG) yakni PT Semen Tonasa dan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI).

Keduanya, terpilih sebagai National Lighthouse Industri 4.0 pada ajang penganugerahan Lighthouse Industri 4.0 yang diselenggarakan Kementerian Perindustrian.

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, SIG senantiasa fokus menjalankan transformasi industri berbasis teknologi yang menjadi keunggulan kompetitif perusahaan untuk meningkatkan daya saing dan mempertahankan kepemimpinan pasar.

"SIG berkomitmen untuk terus berinovasi menciptakan terobosan dalam proses bisnis melalui penerapan teknologi yang terintegrasi dan menyeluruh untuk mencapai optimalisasi rantai pasok,” kata Donny ditulis Sabtu (24/2/2024).

Direktur Operasi SIG Reni Wulandari menyampaikan, perjalanan transformasi Industri 4.0 SIG telah dimulai sejak 2011 melalui implementasi ERP (Enterprise Resource Planning), penerapan Plant Information System, perbaikan proses bisnis menyeluruh, dan implementasi inisiatif digitalisasi untuk bisnis inti dan pendukungnya.

“Setelah ditetapkannya PT Semen Tonasa dan SBI sebagai perusahaan berpredikat National Lighthouse Industri 4.0 di Indonesia dan sejalan dengan road map Kementerian BUMN,” kata Reni.

Baca juga: Kemenperin Bidik Dua Predikat Global Lighthouse dari Perusahaan yang Menerapkan Industri 4.0

Penganugerahan Lighthouse Industri 4.0 diberikan kepada perusahaan yang dinilai mampu menjadi percontohan (role model) bagi industri lainnya dalam transformasi dan implementasi Industri 4.0 untuk mendorong dampak finansial/ekonomi, operasional dan teknologi.

Baca juga: Sukses Transformasi Digital, BUMN Ini Jalani Penugasan Sebagai GovTech RI

PT Semen Tonasa terpilih sebagai National Lighthouse Industri 4.0 atas Operational Excellence (Energy Management) use case melalui penerapan teknologi Expert Optimizer dan Tonasa Energy Management Center (TEMC) berbasis Artificial Intelligent, Machine Learning, dan Model Predictive Control.

Sementara itu, SBI terpilih sebagai National Lighthouse Industri 4.0 atas Integrated Waste Management use case melalui penerapan teknologi RDF (Refuse Derived Fuel) Data Analytics dan Nathabumi E-Performance yang terintegrasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat