androidvodic.com

Mendag Zulkifli Hasan Sebut Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Ramadhan Hal Biasa - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menilai wajar harga bahan pokok naik menjelang bulan Ramadan.

Zulhas, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadan dan Lebaran berhubungan dengan lonjakan permintaan.

"Harga biasanya kalau mau lebaran ya itu ada kenaikan. Sekali lagi hubungannya dengan permintaan yang melonjak. Biasanya itu ada (kenaikan)," katanya ketika ditemui usai meninjau bahan pokok di Pasar SS Klender, Cakung, Jakarta Timur, Senin (26/2/2024).

Baca juga: Jokowi Ingatkan Jajarannya Jaga Stok dan Harga Pangan Jelang Ramadan

Ia menekankan, meski harganya tinggi, hal terpenting adalah persediaan dari bahan pokok tersebut tetap ada.

"Yang paling penting barangnya ada. Telurnya ada, ayamnya ada, cabainya ada. Ya sembakonya lengkap. Itu yang paling penting," ujar Zulhas.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu kemudian mengungkap ada telur ayam yang harganya sedang naik.

Zulhas menyebut biasanya harga telur ayam Rp 29 ribu per kilogram (kg), tetapi saat ini Rp 32 ribu per kg.

Menurut dia, harga telur ayam naik karena harga jagung pakannya sedang mengalami kenaikan.

"Memang harga pakan jagung kan naik ya. Kalau itu terus berlanjut, seperti yang lalu-lalu, harga jagung itu kan disubsidi Rp1.000 ya per kilo, sehingga pakannya bisa terkendali lagi harganya," kata Zulhas.

"Nah, nanti kita akan rapat habis ini, makanya saya ke pasar (setelah itu) akan rapat dipimpin presiden langsung," lanjutnya.

Sebagai informasi, sejumlah bahan pokok hari ini mengalami kenaikan harga. Rata-rata harga komoditas secara nasional banyak yang naik.

Mengutip data panel harga Badan Pangan Nasional pada Senin (26/2/2024), harga beras premium naik Rp 70, menjadi Rp 16.370 per kilogram (kg).

Beras medium juga mengalami kenaikan, di mana hari ini per kilogramnya naik Rp 50, menjadi Rp 14.300 per kg.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat