androidvodic.com

Taipan Logam Terbesar Rusia Yuri Antipov Ditangkap, Melakukan Privatisasi Ilegal Bersama Istri - News

News -- Pihak berwenang mengamankan seorang taipan ternama Rusia, Yury Antipov pada hari Senin (26/2/2024).

Bos sejumlah perusahaan yang masuk dalam daftar miliarder Rusia terbaru Forbes tersebut ditangkap oleh polisi di Wilayah Chelyabinsk Rusia.

Penangkapan dilakukan setelah pengadilan regional menyita tiga perusahaannya karena dugaan penyimpangan dalam privatisasi mereka pada tahun 1990an

Russia Today mengabarkan, penangkapan Antipov pertama kali dilaporkan oleh outlet lokal 74.ru, mengutip sumber di salah satu perusahaannya, pabrik elektro-metalurgi Chelyabinsk (ChEMK). Namun tidak jelas tuduhan apa yang dia hadapi.

Baca juga: Pakar Hukum Pasar Modal Sebut IPO Berbeda dengan Privatisasi

Sebelumnya pada hari yang sama, pengadilan di Wilayah Sverdlovsk memerintahkan pengalihan ChEMK, Kuznetsk Ferroalloys dan Pabrik Ferroalloy Serov kembali ke kepemilikan negara, setelah memutuskan bahwa mereka diprivatisasi secara ilegal setelah pembubaran Uni Soviet.

Antipov dan istrinya Lyudmila akhirnya mengendalikan produsen paduan besi dan elektroda terbesar di Rusia melalui perusahaan saham gabungan mereka Etalon.

Kantor Kejaksaan Agung Rusia mengajukan kasus terhadap pasangan tersebut pada tanggal 5 Februari. Sehari kemudian, aset ketiga perusahaan tersebut dibekukan sambil menunggu hasil kasus tersebut.

Pabrik Chelyabinsk, Kuznetsk, dan Serov pernah menjadi bagian dari Perusahaan Metalurgi Ural-Siberia (USMK), perusahaan patungan antara Antipov dan pengusaha Chelyabinsk lainnya, Aleksandr Aristov.

Antipov berakhir bersama mereka pada pembagian aset tahun 2020, sedangkan USMK sendiri dilebur menjadi Etalon pada Juni lalu.

Pada akhir September 2023, aset Etalon diperkirakan mencapai 34,6 miliar rubel ($376,5 juta). Yury Antipov memiliki 4,6 juta saham Etalon, sedangkan 13,4 juta lainnya milik istrinya Lyudmila.

Pengacara ChEMK berpendapat bahwa pabrik-pabrik Etalon adalah pemasok utama ferroalloy ke pasar Rusia dan merupakan “contoh substitusi impor strategis yang tepat,” sehingga penarikan kembali pabrik-pabrik tersebut oleh negara akan menjadi “tidak rasional.”

Gubernur Chelyabinsk Aleksey Texler pekan lalu mengumumkan bahwa produksi elektroda di ChEMK akan dihentikan pada 1 Maret, dan menuduh perusahaan tersebut sebagai pencemar utama.

“Penting untuk merancang dan membangun fasilitas produksi baru yang ramah lingkungan dan aman di luar kota,” kata gubernur saat itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat