androidvodic.com

Galakkan Ekonomi Hijau, Industri Manufaktur Edukasi Masyarakat Kurangi Jejak Karbon - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News - Upaya mengurangi pemanasan global saat ini menjadi perhatian serius sektor industri. Mereka berlomba-lomba mengurangi pemakaian bahan bakar fosil untuk mengurangi efek buangan karbon ke udara.

Para pelaku industri manufaktur juga turut mengedukasi masyarakat tentang inisiatif mengurangi jejak karbon ini dengan memanfaatkan aktivitas masyarakat di area publik seperti Car Free Day di Jakarta.

Kegiatan ini diselenggarakan di Anjungan Sarinah, Jakarta Pusat, melalui kegiatan “Beyond Carbon Neutral Movement” untuk memberikan edukasi pentingnya untuk menurunkan jejak karbon dimulai dari hal-hal kecil sehari-hari kepada masyarakat.

Baca juga: Pertamina Upayakan Kurangi Jejak Karbon dengan Daur Ulang Botol Plastik  

"Gelaran ini merupakan sebuah upaya untuk memberikan edukasi pentingnya untuk menurunkan jejak karbon dimulai dari hal-hal kecil sehari-hari kepada masyarakat," ungkap Niko Safavi, Presiden Direktur PT Mowilex Indonesia, perusahan yang menjadi inisiator kegiatan ini, pada Minggu, 25 Februari 2024 lalu di Jakarta

“Kami mengajak masyarakat bersama-sama mengurangi jejak karbon lewat langkah kecil di aktivitas sehari-hari seperti efisiensi pemanfaatan listrik, juga mengelola sampah dengan bijak," kata Niko.

"Salah satu upaya kami adalah dengan memberi edukasi soal tanggung jawab terhadap lingkungan, dalam acara yang kami adakan terbuka untuk masyarakat luas,” lanjutnya.

Turut berpartisipasi di kegiatan ini beberapa komunitas masyarakat seperti Bee Youth, Komunitas Bank Sampah, Kumpul Bersih Jakarta, Fit Squad, BergerACT dengan memamerkan produk recycling yang bisa jadi inspirasi masyarakat.

Sementara, komunitas Jejak.in yang akan ikut memaparkan pentingnya mengurangi jejak karbon.

Niko mengatakan, kegiatan ini diikuti 800 lebih pengunjung baik yang tergabung dalam komunitas, maupun yang telah mendaftar secara online dan yang datang langsung menyimak pemaparan tentang gaya hidup ramah lingkungan dan upaya mengurangi jejak karbon.

Mowilex sendiri tercatat meraih sertifikasi CarbonNeutral pada tahun 2022-2023 atau lima kali berturut-turut, setelah merampungkan evaluasi Lingkup 1, 2, dan 3 sesuai Protokol Gas Rumah Kaca (GHG) global.

Capaian ini memperkuat eksistensi sebagai perusahaan di bidang keberlanjutan lingkungan. Perusahaan ini juga menjadi industri manufaktur pertama yang bersertifikat netral karbon di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat