androidvodic.com

Kolaborasi Inovatif KB Bank dengan OttoDigital, Berikan Solusi untuk Penyediaan KUR bagi UMKM  - News

News - Resmi melakukan perubahan nama merek dan logo baru Perseroan pada Minggu (3/3/2024), KB Bank Bertekad untuk menjadi bank yang terdepan, terpercaya dan dicintai masyarakat Indonesia. 

Komitmen KB Bank untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia salah satunya ditunjukkan dengan mendukung penuh dan memperkuat usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Wujud nyata komitmen KB Bank tersebut dilaksanakan dengan menggandeng OttoDigital, grup usaha digital ekosistem Salim Group melalui lini bisnis PT Reksa Transaksi Sukses Makmur untuk memudahkan penyaluran KUR kepada merchant terpilih atau mitra UMKM yang berada dibawah naungannya.

Kolaborasi inovatif ini melibatkan ekosistem digital dibawah naungan OttoDigital yaitu OttoPay yang memiliki 1,9 Juta merchant atau unit usaha aktif sebagai penggunanya. 

Melalui kerja sama ini, unit usaha UMKM dapat mengajukan pinjaman KUR dan untuk mempermudah penyaluran KUR, KB Bank menyediakan 13 KUR Centre yang tersebar di sejumlah daerah di seluruh Indonesia.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong mengatakan bahwa kemitraan yang terjalin antara KB Bank dan OttoDigital adalah langkah strategis untuk berkontribusi terhadap perkembangan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

“Kami berharap dengan adanya fasilitas pembiayaan KUR melalui OttoDigital, merchant dapat memperluas usaha, peningkatan omzet, dan menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu besar harapan kami penyaluran KUR ini mampu mendorong UMKM naik kelas dan menghasilkan produk unggulan baik di dalam negeri maupun internasional,” ujar Robby

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Grace Sunarjo menambahkan bahwa kolaborasi ini merupakan strategi untuk memperkuat peran UMKM bagi perekonomian dan pemberdayaan masyarakat. Strategi ini melibatkan layanan pengembangan usaha KUR, yang menjadi pelengkap solusi modal usaha melalui aplikasi OttoPay. 

“Mitra UMKM makin dipermudah untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan usaha dengan plafon pembiayaan yang tinggi. Layanan ini membantu perputaran modal sehingga memungkinkan memenuhi kebutuhan stok barang dagangan kapan saja serta menggunakan dana untuk pengembangan usaha dengan jangka waktu kredit yang lebih panjang,” ujar Grace. 

Grace berharap kolaborasi OttoPay dengan KB Bank dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan inklusi keuangan dan inovasi berkelanjutan bagi seluruh pelaku usaha UMKM di seluruh Indonesia,

Secara seremonial, kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan fasilitas kredit yang diadakan di kantor pusat Bank KB Bank pada hari ini, Rabu (6/3/2024). Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan KB Bank, diantaranya Wakil Direktur Utama KB Bank Robby Mondong, Direktur Bisnis UKM & Wholesale KB Bank Yohanes Suhardi, SME Division Head Handy Dharma, Retail Product Division Head Zico Hernawan, dan MSME Product Department Head Jhon H. Hutagalung. 

Sedangkan perwakilan dari OttoDigital diantaranya hadir Chief of Executive (CEO) OttoDigital Theodorus Wiryawan, Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur (OttoPay) Grace Sunarjo dan Manajemen OttoDigital.

Kolaborasi KB Bank dan OttoDigital tentunya tak hanya berfokus pada penyediaan KUR saja. Ke depannya, KB Bank akan melakukan langkah strategis dengan menjajaki skema kerja sama rantai pasok (value chain business) melalui product vendor financing dan distributor financing sebagai solusi finansial terintegrasi bagi merchant OttoDigital yang berskala menengah dan besar. 

Melalui kerja sama ini, KB Bukopin menargetkan terciptanya sinergi yang lebih besar, lebih inklusif, dan lebih terintegrasi antara KB Financial Group dan Salim Group.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat