androidvodic.com

Dekan FEB UI Harapkan Tim Ekonomi Presiden Terpilih dari Kalangan Teknokrat - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) Teguh Dartanto menilai tim ekonomi presiden terpilih sebaiknya dari kalangan teknokrat yang memiliki kredibilitas dan integritas tinggi.

Menurutnya, pos-pos yang sifatnya membutuhkan kemampuan teknis khususnya Kementerian Keuangan harus dapat memberikan keyakinan bagi para pelaku pasar baik domestik maupun internasional.

Sebab pemerintahan baru akan menghadapi sejumlah pekerjaan rumah yang tidak mudah.

Baca juga: Ekonomi Kreatif Dinilai Jadi Kunci Majukan Kota Tangsel

Pertama menahan resesi ekonomi global, kedua tensi geopolitik belum mereda terutama di middle east, ketiga IMF menyebut pertumbuhan ekonomi akan melambat menjadi 2,9 persen akibat inflasi tinggi hingga kenaikan suku bunga.

“Kredibilitas ini sangat penting bahwa perekonomian Indonesia ditangan orang yang benar sehingga dapat memberikan rasa aman dan memberikan kepastian,” ucap Teguh kepada Tribun Network, Jumat (8/3/2024).

Teguh tak menampik penyusunan kabinet akan memberi pengaruh besar terhadap kepercayaan kepada pasar, pelaku usaha dan investor.

Presiden terpilih diharapkan dapat memilih kementerian-kementerian mana yang harus dijaga penuh.

Sebaliknya kementerian mana yang dapat diberikan kepada kalangan parpol pengusung capres dan cawapres pemenang pemilu.

“Dalam konteks saat ini, presiden tidak ada pilihan lain selain mengokomodasi parpol koalisi tetapi harus dilihat kementerian mana yang untuk teknokrat dan kementerian yang hanya untuk kepentingan sesaat,” imbuhnya.

Melihat kompleksitas tantangan perekonomian dunia, Presiden pun harus memiliki leadership dan arahan yang jelas terkait arah pembangunan ekonomi Indonesia ke depan dengan mempertimbangkan data-data, fakta, sains serta masukan teknokratis dari para ahli.

Kabinet pemerintahan periode 2024-2029 harus melepaskan kepentingan pribadi, kelompok, golongan utamanya dalam penyusunan tim ekonomi.

Baca juga: Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Melaju Pesat, BPS Apresiasi Kinerja Mbak Ita

Penyusunan tim ekonomi mesti memiliki integritas dan visi kenegarawanan untuk berpikir jauh ke depan.

“Terutama Menteri Keuangan dia harus punya kredibilitas,” ujar Teguh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat