androidvodic.com

Apresiasi Kreasi Indonesia 2024 Libatkan 7 Subsektor Ekraf, Industri Gim Ikut Dikompetisikan - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan kembali menyelenggarakan Program Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) tahun 2024.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan keempat kalinya dan akan diperkaya dengan inovasi dan penambahan subsektor ekonomi kreatif, termasuk subsektor gim.

Dengan demikian, AKI 2024 akan melibatkan tujuh subsektor ekraf, yaitu kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, musik, film, dan gim dan menargetkan 10.000 pelaku ekonomi kreatif.

Baca juga: Menparekraf Ajak Investor Australia Tanamkan Banyak Investasi di Sektor Parekraf Tanah Air

Mereka akan diseleksi untuk mendapatkan 360 peserta dari 12 kota/kabupaten di seluruh Indonesia. Kota Bekasi terpilih sebagai lokasi awal pelaksanaan AKI 2024, diikuti oleh Serang, Singkawang, Magelang, Blitar, Denpasar, Palu, Toba, Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo, dan Merauke.

“AKI 2024 jadi bukti nyata untuk ikut membangun negeri dan tentunya menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dikutip Sabtu, 9 Maret 2024.

Periode pendaftaran AKI 2024 mulai 12 Februari hingga 31 Maret 2024 dan hanya berlaku untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 17 tahun, memiliki KTP dan NPWP, dan berdomisili di Indonesia.

Menteri Sandi menyatakan, program ini tidak dipungut biaya, namun ada beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi oleh calon peserta tergantung pada subsektor yang dipilih.

Pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, dan aplikasi/gim, calon peserta harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal selama 6 bulan dan menyertakan surat keterangan usaha.

Sementara di subsektor musik dan film, diperlukan karya orisinal terbaru (dalam 2 tahun terakhir), dengan ketentuan khusus seperti penyertaan video klip untuk musik dan afiliasi dengan rumah produksi untuk film, bukan individu.

Baca juga: Tekan Emisi Karbon, Menparekraf Ajak Peserta Rakornas Parekraf Tanam Bibit Pohon di Bandung

Tahapan berikutnya adalah proses kurasi pada 1-3 April 2024 oleh tim kurator profesional untuk menentukan peserta yang layak mengikuti tahapan selanjutnya dari program.

Peserta terpilih akan mengikuti sesi Techmet dan Temu Sapa pada tanggal 4 April bersama dengan calon mentor, lalu berlanjut ke sesi bootcamp pada bulan April dan Mei dan puncak acara kegiatan ini akan digelar di September.

Egg Royale adalah salah satu peserta AKI 2022 dan mencatat peningkatan omzet 15-20 persen usai mengikuti pameran di puncak AKI 2022.

Begitu pula Bitata Food yang jadi finalis terbaik AKI 2022 dan mencatat kenaikan omzet hingga 30 persen pasca pameran. Saat ini, Bitata Food bahkan sedang dalam tahap pengembangan untuk membuka toko offline di Aceh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat