androidvodic.com

Mandala Finance-PJI Edukasi Finansial ke Siswa SMA-SMK di Padang dan Lampung - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News – Mendukung upaya meningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat, PT Mandala Multifinance Tbk (Mandala Finance) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) melanjutkan kegiatan edukasi finansial ke siswa sekolah menengah atas dan siswa sekolah menengah kejuruan (SMA dan SMK) di Padang dan Bandarlampung.

Program edukasi bertajuk FInanciaL liTERacy Program ini menyasar 332 siswa dari 35 SMA dan SMK di Padang dan Bandar Lampung dan berlangsung sejak Mei 2023. Program ini mengajak para siswa belajar membuat keputusan finansial pribadi yang efektif dan berkelanjutan dengan memahami konsep pengelolaan dan perencanaan keuangan secara konvensional dan syariah.

Siswa diajak mengeksplorasi sejumlah topik-topik finansial yang fundamental, meliputi pendapatan, anggaran, tabungan dan investasi, berbelanja dengan cerdas, kredit dan utang, perlindungan konsumen, manajemen risiko, dan tujuan finansial.
Di akhir pembelajaran, mereka berkompetisi mengampanyekan topik-topik finansial dengan cara yang inovatif dan kreatif melalui beragam platform media sosial.

Baca juga: Biaya Hidup di Kota Besar Mahal, Berikut Cara Menyiasatinya dari Perencana Keuangan

Regional Business Manager Mandala Finance, Hendri Saputra mengungkapkan, pengetahuan dan kecakapan finansial setiap individu semakin penting untuk ditanamkan sejak usia sekolah dengan cara membekali generasi muda dengan kemampuan merencanakan strategi pengelolaan keuangan pribadi yang tepat dan dapat memberikan manfaat ekonomi yang optimal secara jangka panjang. "Kami berharap inisiatif ini dapat mendukung perwujudan generasi muda Indonesia yang terliterasi, terinklusi dan terlindungi secara finansial," ujarnya dikutip Minggu, 17 Maret 2024.

Plt Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sumatera Barat Guntar Kumala menyambut baik program ini karena pemahaman keuangan yang memadai akan meningkatkan kepercayaan diri setiap individu untuk mengambil keputusan dan perilaku finansial yang tepat, termasuk dalam mengakses berbagai layanan keuangan yang tersedia di industri. "Kondisi tersebut akan mengarahkan mereka untuk mencapai potensi dan kesejahteraan finansial yang lebih baik di masa depan serta secara masif berdampak pada stabilitas pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Guntar Kumala.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Drs. Barlius, M.M. mengemukakan, konten dan agenda pembelajaran yang dijalankan dalam program ini turut membangun karakter dan memperkuat kompetensi peserta didik yang selaras dengan Profil Pelajar Pancasila, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, serta kreatif.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Drs. Sulpakar, M.M. Menurut dia, program ini menjadi wadah yang tepat untuk membudayakan praktik literasi keuangan di lingkup sekolah. Dengan pola pikir dan karakter positif yang ditanamkan dalam hal pengelolaan uang, kita sedang mempersiapkan generasi muda untuk mencapai masa depan yang lebih stabil dan sejahtera secara finansial.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner mengatakan, wawasan dan keterampilan finansial dari program ini menjadi aset yang sangat berharga bagi para siswa yang sesaat lagi memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi dan segera memperoleh pendapatan sendiri.

"Selain terampil, mereka juga diharapkan memiliki pola pikir untuk selalu membudayakan pengelolaan keuangan pribadi yang sehat, baik untuk diri sendiri, keluarga, dan juga komunitas, hingga mencapai kemapanan dan kemandirian finansial di masa depan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat