androidvodic.com

Alasan UNVR Pisahkan Bisnis Es Krim, Efisiensi Diharapkan Dorong Profitabilitas Jangka Panjang - News

Laporan Wartawan News, Hasiolan EP

News, JAKARTA - Restrukturisasi perusahaan barang konsumen raksasa global, Unilever melalui pemisahan unit bisnis es krim dinilai sebagai manuver bisnis yang terhitung logis dan cermat.

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya, Realino Yudianto menilai keputusan strategis Unilever di tingkat global sangat rasional, serta dapat mendorong dampak positif bagi afiliasi-afiliasinya termasuk di Indonesia.

Langkah strategis ini dinilai merupakan angin segar untuk memperkuat fundamental bisnis dan membuka banyak peluang tidak hanya di tingkat global, tapi di Indonesia yang memiliki basis konsumen yang luas.

Baca juga: Penjualan Unilever di Indonesia Terpukul karena Boikot Anti-Israel, Kuartal 4 Turun 2 Digit

"Pemisahan bisnis Es Krim dan peluncuran program produktivitas besar oleh Unilever menunjukkan langkah strategis yang cerdas dalam mengoptimalkan portofolio perusahaan dan meningkatkan efisiensi operasional. Langkah ini dapat memberikan dorongan signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan yang konsisten dan meningkatkan profitabilitas perusahaan secara keseluruhan.”, jelas Reno.

Sebagai informasi, dalam penerapan Rencana Aksi Pertumbuhan (Growth Action Plan/GAP) Unilever sedianya akan mengurangi jumlah tenaga kerja mereka sekitar 7.500 tenaga kerja secara global, atau sekitar 5 persen dari seluruh karyawan di 190 market di dunia.

Baca juga: Terdampak Boikot Anti Israel, Laba Bersih Unilever Indonesia Anjlok 10 Persen

Dewan Unilever Global meyakini bahwa Perusahaan harus semakin fokus pada portofolio utama yang memiliki potensi bisnis menarik dan model operasi yang saling melengkapi.

Pemisahan ini membuat bisnis Unilever kini menjadi empat divisi yakni kecantikan dan kesejahteraan, perawatan pribadi, perawatan rumah, dan nutrisi.

Dengan cara tersebut setidaknya Unilever bisa menghemat sekitar 800 juta Euro atau sekitar Rp 13,6 triliun selama tiga tahun ke depan.

Langkah ini juga dapat menggenjot pertumbuhan penjualan dan peningkatan margin bisnis es krim yang sebelumnya hanya menyumbang sekitar 16 persen dari penjualan global Unilever.

Realino menambahkan, dengan fokus pada merek-merek global atau yang memiliki potensi untuk ditingkatkan, Unilever dapat memperkuat posisinya sebagai pemimpin di industri barang konsumen, memberikan dampak positif terhadap pasar dan investasi ekonomi terutama di Indonesia di jangka panjang.

Baca juga: Unilever Indonesia Angkat Benjie Yap sebagai Presiden Direktur yang Baru

Alasan Pemisahan Bisnis Es Krim

Ian Meakins, Chair dari Unilever, menjelaskan soal pemisahan unit bisnis Es Krim tersebut.

Dijelaskan, pemisahan ini akan membantu manajemen Unilever untuk mempercepat implementasi GAP, yang difokuskan pada melakukan lebih sedikit hal dengan lebih baik dan lebih berdampak khususnya mendorong pertumbuhan pendapatan yang lebih konsisten dan kuat, meningkatkan produktivitas dan kepraktisan, serta meningkatkan budaya kinerja perusahaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat