androidvodic.com

Jalan Tol Jogja-Solo dan Jakarta-Cikampek Beroperasi Fungsional selama Angkutan Lebaran 2024 - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah menyiapkan dua jalur fungsional yang akan beroperasi selama periode Lebaran 2024, yaitu di Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, untuk Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22,3 Km dari sebelumnya yaitu di Kartasura-Karanganom 13 KM.

Baca juga: Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran pada 6 April 2024

"Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo," kata Lisye dalam Konferensi Pers di Kantornya, Kamis (21/3/2024).

Lisye juga bilang, jalur fungsional ini akan beroperasi pada pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB pada periode arus mudik yaitu mulai (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024).

"Dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus," ujar Lisye.

Sementara itu, untuk jalur fungsional Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 KM yang dioperasikan secara situasional, sesuai diskresi Kepolisian.

Hal tersebut dilakukan tak lain untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik, tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur dari 2 lajur menjadi 3 lajur di Jalan Tol Palikanci KM 208+150 sampai KM 210+190 sepanjang ±2,04 KM. Serta mengoperasikan fungsional akses tol KM 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakarta maupun arah Bandung.

Baca juga: Jasa Marga Siapkan 25 Titik SPKLU Selama Lebaran 2024, Ini Daftarnya

Jasa Marga mengimbau para pengguna jalan tol agar memperhatikan aspek kesiapan perjalanan, seperti memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan. Serta, mempersiapkan perbekalan selama perjalanan atau makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi.

"Pastikan juga BBM sudah terisi penuh sebelum melakukan perjalanan, lakukan pengecekan tarif tol serta mengisi saldo uang elektronik dengan cukup, memastikan kecukupan pulsa/data ponsel dan download aplikasi Travoy untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini dan update lokasi posko layanan kesehatan di Rest Area Jasa Marga Group yang juga dilengkapi dengan fitur push notification," jelas Lisye.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat