androidvodic.com

Layanan Kantor Cabang Bakal Libur 6-15 April 2024, BI Pastikan Perbankan Sediakan Uang di ATM - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan jadwal libur kegiatan operasional kantor cabang perbankan pada periode Idul Fitri 2024 akan berlangsung selama 10 hari.

Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono mengungkapkan, layanan operasional perbankan akan libur sementara pada tanggal 6-15 April 2024.

Mengingat adanya hal tersebut, Doni meminta seluruh perbankan untuk menyiapkan ketersediaan uang tunai di mesin-mesin ATM yang tersebar.

Baca juga: Lokasi Penukaran Uang Baru di Yogyakarta untuk Lebaran 2024, Lengkap Beserta Cara dan Syaratnya

"Karena liburnya panjang 6-15 (April 2024), pastikan bahwa itu ATM tersedia. Kami siapkan sampai tanggal 5 April. Mungkin liburan terpanjang, supaya masing-masing bank mengisi atm memastikan sistem bekerja dengan baik," ungkap Doni dalam Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri, dikutip dalam Channel Youtube BI, Jumat (22/3/2024).

Sebelumya seperti diberitakan, BI mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp197,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang Rupiah pada momen Ramadan dan Idulfitri 2024.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan, jumlah ULE yang disediakan ini meningkat 4,65 persen dibandingkan realisasi tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp188,8 triliun.

"Tahun ini Bank Indonesia dalam rangka penyediaan uang Ramadhan dan Idul Fitri kami menyediakan uang sebesar 197,6 triliun. Ini meningkat 4,65 persen," ucap Marlison di Kantor Pusat BI, Jakarta, Jumat (15/3/2024).

Ia melanjutkan, antisipasi kenaikan jumlah ULE yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri (RAFI).

Hal ini juga mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Marlison juga mengatakan, untuk mendukung layanan penukaran uang Rupiah bagi masyarakat, BI bekerja sama dengan perbankan menyediakan titik-titik layanan penukaran uang Rupiah di seluruh wilayah Indonesia.

BI juga mengajak masyarakat mengoptimalkan pembayaran transaksi non tunai guna mendukung ekonomi dan keuangan digital.

Terhitung mulai 15 Maret, masyarakat dapat melakukan penukaran uang Rupiah di 4.264 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lokasi sebagaimana terlampir.

BI juga menyediakan opsi layanan penukaran uang Rupiah melalui Layanan Kas Keliling di lokasi-lokasi strategis seperti pasar tradisional dan modern, dan Kas Keliling Susur Sungai di beberapa wilayah.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BI bersama perbankan akan menyediakan Layanan Penukaran Terpadu pada tanggal 28 sampai dengan 31 Maret 2024 di Istora Senayan.

Di daerah, hal serupa akan diselenggarakan antara lain di stadion dan alun-alun kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat