androidvodic.com

Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang di Idul Fitri, Begini Antisipasi InJourney - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memproyeksikan jumlah pemudik yang menggunakan pesawat udara akan mencapai 7,9 juta orang di Idul Fitri 1445 Hijriah ini.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney aya Watono mengungkapkan akan ada 58 ribu penerbangan di 35 bandara InJourney Airports selama periode arus mudik Lebaran 2024.

Dibandingkan dengam periode tahun sebuah, jumlah pemudik pesawat di Lebaran ini diprediksi naik 10 persen, sementara jumlah penerbangan naik 7 persen.

Data tersebut mengacu pada proyeksi dari InJourney Airport. Diketahui, saat ini PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II telah masuk ke dalam ekosistem InJourney.

"Seluruh anggota InJourney Group mulai dari airport, airport services, retail, hospitality, hingga pengelolaan destinasi pariwisata telah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya berbagai fasilitas dan layanan untuk masyarakat," kata dia, Kamis (28/3/2024).

Mengantisipasi lonjakan pemudik pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. InJourney Airport akan membuka posko selama 16 hari mulai dari 3 hingga 18 April 2024.

Pihaknya juga menyiapkan 2.309 extra flights dari 12 maskapai di 14 bandara.

Sejumlah bandara di bawah InJourney Airport akan beroperasi 24 jam seperti Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Ujung Pandang, Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng, Bandar Udara Internasional Kualanamu Deli Serdang, Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Bandar Udara Sam Ratulangi Manado.

Baca juga: Rincian 6 Ruas Tol Fungsional yang Dibuka untuk Mudik Lebaran 2024, Beroperasi 6 Pagi Sampai 5 Sore

InJourney Aviation Services (IAS) anak perusahaan InJourney yang bergerak pada bidang jasa pendukung aviasi, kargo dan logistik juga melakukan perbaikan.

Yakni pada aspek service improvement bandara dengan melakukan beautification, dengan standar pelayanan yang excellence, membuat tema Lebaran pada berbagai bandara, serta memberikan promosi retail.

Baca juga: Jadwal Contra Flow saat Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024

Untuk mengantisipasi lonjakan pemudik, IAS melakukan penambahan personel di area check in, make-up and breakdown area, serta penambahan personel dan infrastruktur dalam proses delievery baggage sehingga proses masuk dan keluar bagasi menjadi lebih cepat.

"Persiapan ini penting untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik terutama yang menggunakan transportasi udara dan pengunjung di sejumlah destinasi pariwisata di InJourney Group," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat