androidvodic.com

Hadapi Arus Mudik Lebaran Tiga Ruas Tol Trans Sumatera Beroperasi Secara Fungsional, Mana Saja? - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) memprediksi peningkatan trafik kendaraan di jalan tol trans Sumatera pada periode mudik lebaran 2024 mengalami peningkatan 49 persen, jika bandingkan periode normal.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk memastikan pelayanan yang optimal selama arus mudik dan balik Lebaran 2024 ini.

"Mengingat trafik JTTS (jalan tol trans Sumatera) diprediksi akan meningkat sebanyak 49 persen jika dibandingkan trafik normal pada momen mudik ini ditambah beberapa ruas baru yang baru beroperasi dan dibuka secara fungsional," ungkap Tjahjo dalam keterangannya, dikutip Jumat (29/3/2024).

"Sehingga kami perlu memastikan betul kesiapan pelayanan baik dari sisi operasional, fasilitas, maupun kebijakan sehingga pemudik dapat dengan nyaman melintas di JTTS," sambungnya.

Baca juga: Prediksi Puncak Arus Mudik Angkutan Lebaran 2024 Seluruh Moda Transportasi, Ini Gambarannya

Dalam momen Mudik Lebaran 2024 ini, Hutama Karya mengoperasikan sepanjang 609 kilometer (km) jalan tol yang terdiri dari 11 ruas yang telah beroperasi, dan 3 ruas yang masih belum bertarif atau gratis.

Rencananya Hutama Karya juga akan mengoperasikan secara fungsional 3 (tiga) ruas tol sepanjang 113,45 Km jalan tol yang terdiri dari Tol Bangkinang - Tanjung Alai (24,7 km), Tol Lima Puluh Kisaran (32,15 km), Kuala Tanjung - Indrapura (9,47 km) dan Tebing Tinggi - Sinaksak (47,13 km).

Mengawali rangkaian layanan operasional arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2024, Hutama Karya menggelar Apel secara serentak di seluruh ruas tol pada kemarin, Kamis (28/3) dan untuk pelaksanaan terpusat dilaksanakan di Rest Area KM 118 Jalur A, Tol Indrapura - Kisaran.

Selain untuk memastikan kesiapan layanan operasional tol, dilakukan pengukuhan Tim Satuan Tugas (Satgas) Siaga Mudik Lebaran 2024, pengecekan kendaraan siaga diantaranya yakni kendaraan patroli, rescue, ambulans, derek dan lainnya, launching panduan mudik bertajun Trans Sumatera Ramadhan Guidebook 2024.

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan bahwa pemilihan lokasi apel ini didasari karena rest area ini merupakan salah satu rest area baru yang rencananya akan dioperasikan secara fungsional pada momen Mudik Lebaran ini.

Pada momen Mudik Lebaran 2024, Hutama Karya akan mengoperasikan sebanyak 21 rest area yang terdiri dari 9 rest area permanent, 6 rest area sementara dan 6 rest area fungsional.

Sejumlah strategi juga disiapkan oleh Hutama Karya untuk mencegah tejadinya kepadatan di gerbang tol.

"Kami menambahkan alat mobile reader dan top-up asongan di gerbang tol untuk mempercepat transaksi, serta menyiapkan skema holding di rest area maupun rekayasa lalu lintas apabil diperlukan," papar Tjahjo.

"Dengan sejumlah persiapan yang telah dilakukan, kami berharap arus mudik dan balik Lebaran di JTTS dapat berjalan dengan lancar dan aman dan para personil yang bertugas dapat memberikan pelayanan maksimal," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat