androidvodic.com

Mekarnya AKM Orchid di Masa Pandemi Covid-19, Ubah Hobi jadi Pengisi Pundi-pundi Rezeki  - News

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

News, MUNTILAN - Pandemi Covid-19 mengubah banyak hal di dunia, termasuk dunia Khabib Fathoni, pensiunan petugas Dinas Pemadam Kebakaran, Kabupaten Magelang.

Fathoni, begitu ia sering disapa, sebelum Pandemi Covid-19 melanda, mengoleksi anggrek hanya untuk kesenangan pribadi.

“Sejak tahun 2000 ada ponakan yang suka anggrek lalu saya dikasih satu, kok bagus ketika berbunga, jadi ketularan mengoleksi,” kata Fathoni ketika ditemui di rumahnya di Kawetan, Muntilan, Kabupaten Magelang, Senin, 11 Maret 2024.

Lambat laun koleksi anggrek Fathoni semakin beragam jenis dan spesies di rumahnya.

Semua berubah ketika Pandemi Covid-19 melanda dunia termasuk Indonesia.

“Anak saya Rakhi, sehari-hari kan desain interior, mau tidak mau harus berdiam di rumah karena lockdown, terus iseng jual anggrek yang kecil-kecil, eh kok hasilnya menggembirakan,” ujar Fathoni.

Menjenamakan diri sebagai AKM (Agro Karya Mandiri) Orchid, kolaborasi bapak-anak ini mulai berkembang di tengah Pandemi Covid-19.

Anggrek Dendrobium dipasarkan Rakhi melalui media sosial Facebook dan Instagram.

“Awal-awal ke grup-grup anggrek, respon pasar positif, jadi lanjut terus,” kata putra Fathoni, Rakhi Pradhana.

Hobi sang ayah yang mengoleksi dan memperbanyak anggrek secara mandiri kemudian ia teruskan dengan mencari ilmu tentang anggrek lebih dalam.

“Saya kemudian nyambi baca-baca dan cari ilmu soal anggrek, jadi penjualan di medsos bisa lebih optimal, saya lebih budidaya ke bisnis sih, kalau pengetahuan soal anggrek lebih expert ayah,” kata Rakhi.

Fathoni-Rakhi kemudian berfokus pada pengembangan Anggrek Dendrobium karena cocok dikembangkan di daerah Muntilan yang berketinggian 350an meter dari permukaan laut.

“Kalau Anggrek Bulan cocoknya di daerah yang tinggi, misalnya di Tawangmangu, dan Dendrobium relatif lebih mudah perawatannya dibandingkan Anggrek Bulan,” terang Fathoni.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat