androidvodic.com

Hadapi Lebaran 2024, 1.782 Km Jalan Tol Dipastikan Siap Dilalui Pemudik - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Memasuki periode lalu lintas Lebaran tahun 2024, seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang tergabung dalam Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) siap menyambut masyarakat yang akan melakukan perjalanan.

Ketua ATI Subakti Syukur menyampaikan, 1.782 km jalan tol yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi siap melayani pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran.

Menurut dia, anggota ATI telah memastikan beberapa pekerjaan pemeliharaan di ruas-ruas tertentu, penambahan prasarana pendukung, telah siap sebelum periode arus mudik Lebaran berjalan.

Baca juga: Kapolri Minta Warga Manfaatkan Waktu Selain Puncak Arus Mudik Lebaran

"Semua BUJT anggota ATI siap melayani masyarakat pengguna jalan tol di seluruh Indonesia," kata Subakti dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024).

Dalam rangka mendukung rekayasa lalulintas di beberapa area, ATI juga menyiapkan beberapa ruas tol fungsional.

Ia mengatakan, ruas-ruas yang akan difungsionalkan untuk mendukung penanganan arus mudik dan balik Lebaran, kebijakan hari dan waktu fungsionalnya, sepenuhnya mengikuti ketentuan dari tim PUPR, Perhubungan, dan Korlantas Polri.

"Mohon para pengguna berhati-hati dan mengikuti petunjuk dari petugas lapangan," ujar Subakti.

Subakti menyebut, koordinasi dengan pemangku kepentingan telah dilakukan.

Kesiapan sarana dan prasarana infrastruktur jalan tol dikoordinasikan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pengaturan kebijakan, termasuk rekayasa lalu lintas selama penanganan arus mudik dan balik, dikoordinasikan bersama Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Skema Ganjil Genap Diterapkan dari KM 0 Sampai 414 Tol TransJawa saat Mudik Lebaran, Catat Jadwalnya

Hal yang sama dengan Korlantas dan Kewilayahan Polri untuk pengaturan pelaksanaannya di lapangan.

"Mudah-mudahan berbagai skenario penanganan lalulintas akan berjalan baik, dan masyarakat pengguna jalan tol bisa merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H dengan aman, lancar, menyenangkan dan ceria," ujar Subakti.

Sekretaris Jenderal ATI Kris Ade Sudiyono menambahkan, kondisi jalan tol dipastikan baik dan terbebaskan dari kerusakan.

Ia mengatakan, jalan tol dipastikan tidak ada lubang dan berbagai pekerjaan perbaikan, memiliki perambuan lengkap, serta marka jalan yang terlihat jelas sehingga memungkinkan dilalui dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat