androidvodic.com

Buka Posko Angkutan Lebaran 2024, Menhub Budi Karya Soroti Titik Kemacetan Arus Mudik, Mana Saja? - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi membuka Posko Pusat Angkutan Lebaran Tahun 2024 di kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

Posko yang berlangsung mulai 3-18 April 2024 ini digelar untuk memastikan kelancaran serta memudahkan koordinasi lintas sektoral dalam penyelenggaraan angkutan mudik lebaran.

"Adanya Posko ini kita akan kolaborasi. Tempat ini akan secara real time memberikan informasi darat, laut, dan udara, juga ASDP. Setiap hari kita lakukan Quick Count dan berkomunikasi secara random dengan stakeholder terkait (TNI, Polri, operator transportasi, dan unsur terkait lainnya)" ucap Menhub Budi Karya.

Menhub mengatakan, potensi pergerakan nasional pada periode mudik lebaran mencapai 193,6 juta orang, atau lebih dari setengah jumlah penduduk Indonesia.

Baca juga: Hati-Hati Mudik Malam Hari di Ruas Tol Semarang-Solo-Kertosono, Lampu Penerangan Jalan Masih Minim

Kemenhub bersama stakeholder terkait telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi peningkatan pergerakan yang dimaksud.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub juga menyoroti sejumlah titik di Indonesia yang berpotensi mengalami tingkat kepadatan yang tinggi.

Di jalur darat atau jalan tol, kepadatan tertinggi akan terjadi di jalur Cikopo-Palimanan (Cipali) yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sementara di jalur penyeberangan laut Menhub menyoroti diantaranya seperti Pelabuhan Merak di Banten, dan Pelabuhan Ketapang Banyuwangi di Jawa Timur.

Agar periode mudik dapat berjalan dengan aman dan nyaman, Menhub terus mendorong adanya kolaborasi dan komunikasi yang kuat antarstakeholder.

"Kami bersatu bersama stakeholder melakukan rapat-rapat yang intens, dan apa yang kita lakukan adalah menyiapkan cara bertindak di masing masing lokasi," papar Menhub.

"Sebelum kita melakukan bertindak seperti apa, kita mapping di mana tempat-tempat yang krusial. Mungkin rekan rekan juga tau titik krusial itu di Cipali, Merak, lalu di ketapang. Di laut ada titik krusial yang ada di Batam, ada yang di Makassar, Balikpapan dan Madura," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat