androidvodic.com

160 Ribu Wisatawan Lokal Akan Padati Jalur Puncak di Libur Idul Fitri 1445 Hijriah - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta pelaku wisata di jalur Puncak, Bogor, membuat persiapan matang untuk menyambut kedatangan wisatawan di libur Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dalam tinjauannya ke Pos Terpadu Operasi Ketupat Lodaya 2024 Polres Bogor di Pos Polisi Gadog, ia meminta agar jalur-jalur alternatif sudah harus disiapkan.

"Kami melihat kesiapan dari jalur mudik yang juga bersinergi dengan jalur wisata," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (9/4/2024).

"Jadi jalur Puncak ini selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan, tapi juga menjadi pilihan bagi para pemudik terutama yang kendaraan roda dua. Kami mengapresiasi kerja sama yang luar biasa antara Pak Pj Bupati (Kabupaten Bogor) dengan instansi terkait," lanjutnya.

Masyarakat yang akan melintasi jalur Puncak di Lebaran tahun ini diperkirakan mencapai antara 140 ribu sampai 160 ribu.

Jumlah tersebut menyentuh empat kali lipat dari daya tampung kapasitas jalan.

Atas hal itu, Sandiaga pun berharap dampak ekonomi untuk masyarakat saat libur lebaran tahun ini lebih luas.

"Mudah-mudahan liburan kali ini lebih baik dari tahun lalu dan dampak ekonomi untuk masyarakatnya semakin luas," ujarnya.

Dia juga mengapresiasi kolaborasi semua pihak dalam menghadirkan dan mendukung momen mudik dan libur Lebaran tahun ini dengan aman dan nyaman.

Baca juga: H-1 Lebaran, Pemudik Motor Tujuan Sumatera Masih Banjiri Pelabuhan Ciwandan Cilegon

"Saya mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri, Basarnas, dinas kesehatan, dan semua yang sudah terlibat di bawah koordinasi Pak Pj (Bupati Bogor)," ujar Sandiaga.

Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menjelaskan, selama musim mudik dan libur lebaran tahun ini, pihaknya telah mempersiapkan tidak hanya infrastruktur fisik dan kesiapan di lapangan, tetapi juga mitigasi bencana di lokasi-lokasi wisata.

"Personel ditugaskan untuk stand by di semua tempat dalam rangka memastikan dukungan kepada wisatawan yang berlibur karena (tahun) ini cukup panjang liburannya," ujar Asmawa.

Polres Bogor pada musim mudik dan libur Lebaran tahun ini menyiapkan 400 personel di sepanjang jalur Puncak.

Kepadatan di jalur Puncak diperkirakan akan mencapai titik tertingginya mulai 12 hingga 21 April 2024. Polres Bogor telah memetakan ada 72 titik hambat di sepanjang jalur Puncak.

Baca juga: Polisi Tetap Akan Jalankan Contra Flow Pasca Kecelakaan Maut Minibus Granmax di Km 58 Tol Japek

Namun, utamanya ada di lima titik yakni di Pasir Muncang, simpang Mega Mendung, simpang Loka Wiratama, Pasar Cisarua, serta simpang Taman Safari.

"Kami tetap melaksanakan penerapan sistem ganjil genap di jalur Puncak dari tanggal 5 hingga 16 April 2024. Kecuali pada hari pertama Lebaran," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto Ashari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat