androidvodic.com

Menko PMK: Pergerakan Arus Balik akan Lebih Menantang, Ini Alasannya - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, penanganan arus mudik di Hari Raya Idulfitri 2024 berjalan lancar dan cukup baik.

Namun, sebagai bentuk evaluasi, tetap diperlukan perbaikan dari berbagai sisi untuk menjawab permasalahan, terutama dalam memberikan pelayanan lalu lintas kepada pengguna jalan.

Ia mengatakan, pada periode arus balik, tantangan pergerakan yang dihadapi akan lebih menantang.

Baca juga: Arus Balik Lebaran, Menhub Imbau Pemudik untuk Kembali Lebih Awal

Menurut dia, tantangan pergerakan arus balik akan lebih menantang karena bersifat sentripetal, di mana kendaraan dari berbagai daerah mengerucut ke satu tujuan, yakni Jakarta.

"Berbeda dengan arus mudik yang bersifat sentrifugal atau dari satu titik menuju destinasi yang lebih menyebar," kata Muhadjir dalam siaran pers Jasa Marga, dikutip Jumat (12/4/2024).

Berdasarkan prediksi Jasa Marga, jumlah kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada saat arus balik Lebaran 2024, tepatnya 10-18 April 2024 di empat Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, mencapai 1,87 juta kendaraan.

Angka tersebut naik 1,4 persen dari Lebaran 2023, yakni sebanyak 1,84 juta kendaraan, dan naik 56,2 persen dari lalu lintas normal, yakni sebanyak 1,2 juta kendaraan.

Lalin yang kembali ke Jabotabek tersebut merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT Utama, yaitu GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

Arah Timur (Trans Jawa dan Bandung) menjadi mayoritas kendaraan kembali, yakni sebanyak 1,06 juta kendaraan atau 56,9 persen.

Baca juga: Diskon Tarif Tol 20 Persen Arus Balik Berlaku 17-19 April dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama

Kemudian, 461 ribu kendaraan atau 24,7 persen dari arah Barat (Merak) dan 344 ribu kendaraan atau 18,4 persen dari arah Selatan (Puncak).

Sementara itu, Jasa Marga memprediksi puncak arus balik 2024 akan terjadi pada H+4 Hari Raya Idulfitri atau pada Senin, 15 April 2024.

Jumlah kendaraan di empat gerbang tol utama pada hari itu diprediksi mencapai 296 ribu kendaraan.

Angka itu naik 11,7 persen dari puncak balik Lebaran 2023 sebesar 265 ribu kendaraan. Lalu, naik 127,8 persen dari lalu lintas normal sebanyak 130 ribu kendaraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat