androidvodic.com

Dolar AS Makin Perkasa, Rupiah Diperkirakan Sulit Turun dari Level Rp 16.000 - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Pengamat Pasar Uang Lukman Leong mengatakan dolar Amerika Serikat (AS) menguat dalam sepekan terakhir.

Hal itu menyusul data inflasi AS yang lebih kuat dari perkiraan sehingga membuat rupiah melemah di level Rp16.000 per dolar AS.

”Besar kemungkinan Bank Indonesia akan melakukan intervensi walau demikian rupiah diperkirakan masih akan susah bangkit dari tekanan yang besar,” ucap Lukman kepada Tribun, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Melonjak Tinggi, Harga Emas Dunia Tembus di Atas 2.350 Dolar AS Per Troy Ounce

Lukman memproyeksi rupiah usai libur panjang akan bergerak di rentang Rp16.000 - Rp16.200 per dolar AS.

Dia menegaskan rupiah akan melemah terhadap dolar AS yang menguat dalam sepekan terakhir menyusul data inflasi AS yg lebih kuat dari perkiraan.

Penyerangan Iran terhadap Israel juga semakin menguatkan dolar AS sebagai safe haven.

“Dalam sepekan liburan, data-data ekonomi dari China yg lebih lemah seperti inflasi dan perdagangan juga ikut menekan rupiah,” urainya.

Pada momen pekan Lebaran kali ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terpantau melemah.

Per 12 April 2024, data Google Finance mencatat, rupiah menembus level Rp 16.117 per dolar AS.

Menurut Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede, ada sejumlah faktor yang melatarbelakangi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada pekan ini.

Josua mengatakan, dalam sepekan terakhir, terjadi beberapa perkembangan di pasar keuangan global yang dipengaruhi oleh beberapa sentimen.

Yakni, meningkatnya ketegangan di Timur Tengah dan penguatan dolar AS yang ditopang oleh rilis data ekonomi AS yang solid ketika pasar keuangan domestik sedang libur berkenaan dengan Idul Fitri dan cuti bersama lebaran.

Dari ketegangan Timur Tengah, pada tanggal 10 April lalu, 3 putra dan 4 cucu pemimpin Hamas tewas dirudal oleh Israel di Gaza Strip.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat