androidvodic.com

Empat Kasus Kebakaran Hebat yang Melalap Armada Bus AKAP Selama Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 - News

News, JAKARTA - Menjelang dan selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2024 terjadi banyak sekali kasus kecelakaan yang melibatkan bus dan kendaraan pribadi di berbagai daerah.

Selain itu juga terjadi kasus kecelakaan tunggal, bus yang terbakar hebat saat melaju membawa penumpang.

Setidaknya terjadi 4 kasus kebakaran bus selama arus mudik Lebaran 2024 serta arus balik Lebaran 2024. Dari empat kasus tersebut, tiga diantaranya terjadi di ruas jalan tol yang sedang ramai kendaraan pemudik.

Berikut ulasan rincinya:

1. Kasus kebakaran bus Rosalia Indah

Sekitar dua pekan menjelang arus mudik Lebaran 2024, sebuah bus AKAP PO Rosalia Indah nomor polisi AD 7189 OF erbakar hebat di ruas  Tol Solo-Semarang KM 478+600 B di Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Sabtu (16/3/2024) sore.

Kecelakaan terjadi hanya beberapa kilometer dari Gerbang Tol Boyolali arah ke Jakarta.

Bus yang terbakar ini merupakan bus AKAP Rosalia Indah bermesin belakang lintas Jawa Sumatera dengan jurusan Ponorogo tujuan Lampung.

Bus Rosalia terbakar hebat OK
Proses pemadaman badan bus AKAP PO Rosalia Indah nomor polisi AD 7189 OF yang terbakar hebat di ruas Tol Solo-Semarang KM 478+600 B di Desa Ngargosari, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Sabtu (16/3/2024) sore.

Kejadian ini menyebabkan PO Rosalia Indah merugi hingga ratusan juta rupiah.

Kasus kebakaran bus Rosalia Indah ini tidak menyebabkan korban nyawa karena 20 penumpang bus berhasil dievakuasi begitu bus berhasil dipinggirkan di bahu jalan tol. Begitu juga dengan pengemudi bus dan asisten pengemudi, juga selamat.

Tim Damkar Boyolali yang ke lokasi sempat kesulitan memadamkan api yang sangat besar. Petugas Damkar sempat tidak bisa melakukan pemadaman api dari jarak dekat, sehingga pemadaman kurang bisa maksimal,.

Menurut Kanit Gakkum Satlantas Polres Boyolali Ipda Budi Purnomo, insiden ini menyebabkan kerugian material sebesar Rp500 juta.

Sebelumnya, Kasatlantas Polres Boyolali AKP Agista Ryan Mulyanto mengatakan, insiden terjadi sekitar pukul 17.45 WIB. Posisi bus sedang membawa penumpang dari arah Solo menuju Jakarta.

“Bus mengalami korsleting listrik dan sopir mendengar suara ledakan di bagian mesin mobil,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat