androidvodic.com

Luhut Sebut Apple Sangat Tertarik Investasi di IKN Dalam Bidang AI - News

 
Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Apple Inc. tertarik berinvestasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketika mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Tim Cook pada Rabu (17/4/2024), Luhut mengatakan Bos Apple itu ingin investasi dalam bidang Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Selain di IKN, Luhut mengatakan Apple juga ingin membangun AI Center di Bali dan Solo.

Baca juga: Berkunjung ke Apple Developer Academy BINUS, CEO Apple Komitmen Perkuat Pengembangan Talenta Digital

"Oh, dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN. Itu juga yang menarik. Dia bilang, 'Kami mau investasi terutama dalam bidang AI di IKN dan juga tertarik mengenai AI Center di Bali dan di Solo,'," katanya dalam unggahan di akun Instagram @luhut.pandjaitan, dikutip Jumat (19/4/2024).

Luhut mengatakan, ketertarikan Tim Cook muncul setelah pria asal Amerika Serikat itu melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan hilirisasi yang tengah digencarkan pemerintah.

Hal-hal itu membuat Tim Cook menilai bahwa berinvestasi di Indonesia menjadi satu peluang tersendiri.

"Dia juga melihat bahwa itu satu peluang untuk mereka juga melakukan investasi karena melihat pertumbuhan ekonomi kita, melihat bonus demografi, juga melihat downstreaming industri yang kita miliki sekarang ini dengan hilirisasi ini dan raw material yang kita miliki. Mereka melihat Indonesia itu negara yang sangat baik," kata Luhut.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi juga mengatakan, salah satu topik pembicaraan antara Jokowi dan Tim Cook adalah soal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca juga: Pandangan Ekonom Soal Lawatan Bos Apple di Tengah Konflik Timur Tengah

Budi bilang, Jokowi mengajak Apple, yakni ke Tim Cook, agar terlibat dalam pengembangan Smart City di IKN.

"Tadi Pak Presiden juga menyampaikan kepada Apple, mengajak Apple, ke Tim Cook, bagaimana Apple bisa berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN," kata Budi di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat