androidvodic.com

Permintaan Penambahan Sumber Dana Koperasi Tinggi, LPDB: Pengajuannya Gratis dan Online - News

Laporan Wartawan Tribun Network, Willy Widianto

News, JAKARTA - Koperasi dalam menjalani kegiatan usahanya memiliki tujuan utama yaitu mencapai kemakmuran dan kemajuan anggota, termasuk di jenis koperasi simpan pinjam.

Tingginya permintaan pinjaman mendorong koperasi untuk menambah sumber dana yang dapat disalurkan kepada anggota.

Hal ini yang menjadi rencana koperasi di kemudian hari dengan bersinergi kembali ke LPDB-KUMKM. Selain bermitra dengan LPDB-KUMKM, koperasi juga terus mendapat pembinaan dari Dinas Koperasi dan UKM berupa kegiatan pelatihan dan pendampingan.

“Kami mengakui LPDB-KUMKM merupakan mitra terbaik bagi koperasi dan UMKM, dan berharap LPDB-KUMKM terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat khususnya pelaku usaha koperasi,” ujar Ketua Koperasi Jasa KORPRI Kota Ternate Imran Ali Baasalem, Kamis(25/4/2024).

Pihaknya berharap, Koperasi Jasa Korpri Kota Ternate dapat terus eksis dalam melayani dan meningkatkan kesejahteraan anggota, serta mampu berkontribusi dalam pengembangan ekonomi masyarakat sekitar

Ia mengatakan, untuk pengembangan usaha, koperasi mencari informasi mengenai pinjaman yang berasal dari pemerintah.

Tahun 2013, koperasi memperoleh informasi mengenai pinjaman murah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) yang didapatkan dari sosialisasi Dinas Koperasi dan UKM setempat.

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti oleh pengurus berupa pengajuan pinjaman ke LPDB-KUMKM.

"Sejak mengakses LPDB-KUMKM, koperasi terus didampingi mulai dari proses melengkapi dokumen persyaratan pengajuan sampai dengan pencairan dana. Dengan pelayanan maksimal LPDB-KUMKM dan manfaat dari dana bergulir itu sendiri, Koperasi Jasa KORPRI Kota Ternate terus berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan mempertimbangkan untuk mengajukan pinjaman kembali ke LPDB-KUMKM,” jelas Imran.

Setelah mendapat pinjaman murah LPDB-KUMKM, pemberian pinjaman ke anggota meningkat, yang berdampak pada peningkatan pendapatan dan jumlah aset koperasi.

Baca juga: Survei ICCI: Gen Z Tidak Tertarik Koperasi, Ancaman Involusi SDM

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, dana bergulir LPDB-KUMKM merupakan solusi pembiayaan yang harus dimanfaatkan oleh seluruh mitra koperasi di tanah air.

"Kami berkomitmen terus mendukung pertumbuhan sektor koperasi dan UMKM di Indonesia diantaranya melalui layanan pinjaman atau pembiayaan dengan tarif yang terjangkau yang dapat diakses melalui laman website https://eproposal.lpdb.id/. Mitra koperasi tidak perlu mengeluarkan biaya dalam mengajukan pinjaman ke LPDB-KUMKM," kata Supomo.

Baca juga: Dukung Ketahanan Pangan Nasional LPDB Dorong Akses Pembiayaan untuk Koperasi

Seluruh proses pengajuan tersebut dilakukan secara gratis karena tidak perlu mendatangi kantor pusat LPDB-KUMKM di Jakarta untuk mendaftarkannya.

Selain memberikan bantuan modal untuk koperasi, LPDB-KUMKM juga memberi pendampingan yang komprehensif dalam meningkatkan tata kelola kelembagaan, usaha, dan keuangan melalui Program Inkubator Wirausaha 2024. Program ini diharapkan mampu menciptakan banyak koperasi maju dan modern, yang nantinya bisa mendapat banyak keuntungan sehingga lebih berkembang, berkualitas, dan naik kelas.

“Melalui 10 lembaga inkubator yang telah terpilih di tahun ini, harapannya dapat memberi kontribusi kepada para tenant yang bergabung, di antaranya berupa program inkubasi gratis, investasi, pinjaman, serta kerja sama bisnis termasuk transaksi atas produk dan jasa," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat