androidvodic.com

The Fed Pertahankan Suku Bunga Acuan, Harga Emas Mengalami Kenaikan - News

News, - Usai bank sentral Amerika Serikat atau The Fed mengumumkan mempertahankan suku bunga acuannya, harga emas mengalami kenaikan.

Pada perdagangan Kamis (2/5/2024) pagi ini, harga emas harga emas untuk pengiriman Juni 2024 di Commodity Exchange ada di US$ 2.334,10 per ons troi.

Angka tersebut naik 0,99 persen dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 2.311,00 per ons troi.

Mengutip Bloomberg, para pejabat The Fed dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga (Fed fund rate) di kisaran 5,25%-5,5%, menyusul serangkaian data yang menunjukkan masih adanya tekanan harga dalam perekonomian AS.

Baca juga: Harga Emas Antam Hari Ini 1 Mei 2024 Turun Rp15.000, per Gram Dibanderol Rp1.310.000

Atas keputusan tersebut, investor merasa nyaman dengan sinyal Federal Reserve yang menyatakan bahwa mereka akan menurunkan suku bunga setelah mendapatkan cukup keyakinan bahwa inflasi akan mereda.

The Fed mencatat kurangnya kemajuan lebih lanjut dalam penurunan inflasi, namun tetap menggunakan istilah yang mengacu pada penurunan suku bunga di masa depan.

Ini menunjukkan bahwa bias pelonggaran tetap ada, menurut pernyataan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada Rabu (1/5).

"Kami telah menyatakan bahwa kami tidak memperkirakan akan tepat untuk mengurangi target kisaran suku bunga Fed fund rate sampai kami mendapat keyakinan yang lebih besar bawa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%," ujar Gubernur The Fed Jerome Powell saat konferensi pers setelah pernyataan FOMC dikutip dari Kontan.

Menurutnya, kemungkinan kecil bahwa kebijakan suku bunga berikutnya akan berupa kenaikan.

"Tidak ada pembicaraan yang tersirat daam komunike tersebut. Hal ini meyakinkan para pedagang emas bahwa penurunan suku bunga mungkin terjadi," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas global di TD Securities seperti dikutip Bloomberg.

Melek menambahkan, investor juga mencari aman dengan memburu emas batangan sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi yang masih tinggi. (Herlina KD/Kontan)

Artikel ini sudah tayang di Kontan dengan judul: Harga Emas Kembali Naik Pasca Pengumuman Keputusan Suku Bunga The Fed

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat