androidvodic.com

Ekonomi Tumbuh 5,11 Persen di Kuartal I 2024, Wapres Ma'ruf Minta Perusahaan untuk Berinovasi - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin berpendapat, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2024 yang mencapai 5,11 persen tak lepas dari peran pengusaha-pengusaha yang terus berinovasi.

Wapres Ma'ruf bersyukur pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,11 persen berhasil melampaui negara-negara lain.

"Ini kan berkaitan dengan soal inovasi. Jadi, perkembangan-perkembangan ekonomi kita itu kan tergantung daripada perusahaan itu. Walaupun pertumbuhan baik, tapi kalau tidak melakukan inovasi, tidak ada kreativitas, dia mungkin akan tertinggal, akan tergusur," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam keterangannya, dikutip Rabu (8/5/2024).

Wapres Ma'ruf pun berpesan kepada para pengusaha untuk selalu beradaptasi dan berinovasi. Sebab dia menilai investasi kedepan harus lebih banyak untuk tenaga kerja.

"Oleh karena itu, kepada para pengusaha, supaya dia terus beradaptasi, melakukan inovasi. Ke depan memang investasi itu harus lebih banyak kepada yang bisa menampung tenaga kerja yang banyak, itu saya kira," ujarnya.

Wapres Ma'ruf mengatakan, sektor pertanian sejatinya adalah sektor yang memiliki potensi. Sehingga, dia berharap para pemuda Indonesia memiliki minat yang besar di bidang pertanian, yang kini sudah berkembang menjadi modern.

"Dan juga ada sektor yang sebenarnya besar, tapi memang belum tergarap dengan baik, itu sektor pertanian. Dan ini supaya bagaimana para pemuda kita supaya menjadi para petani, yang modern tentunya," ucap Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Bappenas Targetkan Pertumbuhan Ekonomi RI di Era Prabowo-Gibran Sebesar 5,3 hingga 5,6 Persen

"Saya berharap tidak ada tanah yang tidur, tidak ada tenaga yang nganggur, jadi itu tenaga dioptimalkan," imbuhnya.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen secara tahunan (year on year/YoY) pada kuartal I 2024. Namun menurun 0,83 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV 2023.

Baca juga: IHSG dan Rupiah Kompak Menguat Setelah Pengumuman Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I 2024

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, hal tersebut diperoleh berdasarkan perhitungan produk domestik bruto (PDB) atas dasar harga berlaku sebesar Rp 5.288,3 triliun dan PDB atas dasar harga konstan Rp 3.112,9 triliun.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2024 bila dibandingkan dengan triwulan I 2023 atau secara YoY tumbuh sebesar 5,11 persen," kata dalam Rilis BPS, Senin (6/5/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat