androidvodic.com

Istri Para Menteri Dorong UMKM Naik Kelas hingga Ekspor Produk ke Mancanegara - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) mendorong para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya yang bergerak di sektor produk kerajinan seperti fashion dan aksesoris, agar dapat naik kelas.

Komitmen ini ditegaskan Dekranas jelang perayaan hari jadinya yang ke-44. Adapun perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) akan digelar pada 15-18 Mei 2024 di Kota Solo, Jawa Tengah.

Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, Leomongga Agus Gumiwang mengungkapkan, terdapat sejumlah acara dalam perayaan yang berlangsung pada 4 hari tersebut.

Mulai dari acara pameran expo yang memperkenalkan produk-produk kerajinan dari berbagai daerah, kirab budaya, dan pawai mobil hias dari seluruh provinsi di Indonesia.

Selain itu, terdapat pula sesi talkshow seputar bisnis UMKM yang menghadirkan narasumber sesuai di bidangnya.

"Di acara HUT Dekranas memang dipilih ya, bagaimana nanti ada ilmu yang bisa diaplikasikan kepada para peserta. Kan kalau ekspor harus ada yang diperbaiki kualitasnya," ucap Loemongga dalam konferensi pers di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Rabu (8/7/2024).

"Makanya nanti topiknya akan berhubungan dengan perbaikan produk. Seperti membahas bagaimana mengikuti tren, dan teknik pembuatan akan kita masukkan ke dalam topik ke talkshow," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian mengatakan bahwa acara yang memiliki tema 'Tumbuh Bersama, Maju Warisan Bangsa' bertujuan untuk mengangkat derajat kerajinan tangan Indonesia ke panggung Internasional.

Selain pameran, HUT Ke-44 Dekranas juga akan dimeriahkan 278 stan UMKM, kirab budaya, dan pawai mobil hias dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Dekranas bekerjasama dengan berbagai pihak, kami dibantu 11 Kementerian yang mempunyai program nyata untuk meningkatkan dan membantu para pengrajin," papar Tri Tito Karnavian.

"Peran dekranas bisa membantu pemerintah dalam menumbuhkan ekonomi khususnya dari sektor kerajinan nasional. Kerajinan Nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia," pungkasnya.

Sebagai informasi, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

Adapun sejumlah nama yang berkecimpung didalamnya seperti Tri Tito Karnavian (Ketua Harian Dekranas), Leomongga Agus Gumiwang (Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44), Selvi Ananda (Ketua Dekranasda Kota Surakarta), Endang Budi Karya (Ketua Bidang Wirausaha Baru Dekranas), serta Sri Suparni Bahlil Lahadalia (Ketua Dekranas Bidang Manajemen Usaha).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat