androidvodic.com

Siapa Menteri Keuangan Prabowo-Gibran? Muncul Rini Soemarno, Mahendra Siregar, Budi Gunadi Sadikin - News

News, JAKARTA - Nama-nama susunan menteri kabinet era Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka hingga saat ini terus bermunculan di media sosial.

Kemunculan daftar nama tersebut sudah ada sejak perolehan suara Prabowo-Gibran unggul dalam hitungan cepat Pilpres 2024, tetapi berubah-ubah hingga sekarang.

Satu di antaranya yang kini baru muncul yaitu nama Rini Soemarno diisukan menjabat menteri keuangan.

Rini sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Presiden Megawati Soekarnoputri sejak 10 Agustus 2001 hingga 20 Oktober 2004.

Baca juga: Soal Wacana 40 Kementerian, Prabowo Dinilai Jalankan Politik Akomodir dan Bagi-Bagi Jabatan

Kemudian, pada pemerintahan Presiden Jokowi, Rini menjabat sebagai Menteri BUMN periode 27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019.

Dinilai Layak Jabat Menkeu

Ekonom Senior Segara Research Institute Piter Abdullah mengatakan sosok Rini Soemarno patut diperhitungkan di pos bendahara negara.

Menurutnya, anggapan Rini Soemarno sebagai loyalis Megawati Soekarnoputri tidak berlaku jika dia ditugasi menjadi menteri.

“Kalau sudah posisi menteri tidak ada istilah loyalis siapapun. Dia pembantu presiden yang mana adalah presidennya Prabowo,” kata Piter kepada Tribun, Rabu (8/5/2025).

Piter menilai Rini memiliki pengalaman panjang sebagai menteri bidang ekonomi.

Dia pernah menjabat Menteri Perindag dan Menteri BUMN.

“Beliau sebelumnya menjabat pimpinan perusahaan 2 swasta. Dari biodata yang saya baca beliau pernah juga magang di kementerian keuangan Amerika Serikat,” sambungnya.

Dengan semua pengalamannya tersebut Rini dinilai sangat kompeten untuk menjabat Menteri Keuangan.

“Saya kira tidak perlu ada keraguan akan kapasitas bu Rini untuk menjadi menteri keuangan. Menteri keuangan juga tidak bekerja sendiri. Tapin bekerja sebagai tim dengan kementerian lain maupun dengan pejabat kementerian keuangan lainnya,” tukas Piter.

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai keberpihakan Rini Soemarno terhadap Prabowo Subianto bisa jadi bentuk kekecewaannya dari Megawati Soekarnoputri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat