androidvodic.com

STB Tarik Pebisnis Indonesia Selenggaraan Kegiatan MICE di Singapura - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Singapore Tourism Board (STB) tahun 2024 ini menggenjot bisnis MICE (meetings, incentives, conventions and exhibitions) sebagai pendorong utama pengembangan destinasi pariwisata di negara ini.

Untuk memacu bisnis MICE, STB menggulirkan kampanye pemasaran global untuk menjadikan Singapura sebagai “Destinasi MICE Unggul di Dunia” dan dapat menciptakan dan meninggalkan dampak positif yang berkelanjutan.

Kampanye ini mengundang penyelenggara kegiatan MICE dari Indonesia dan menjadi kampanye global pertama dari enam kampanye yang akan diluncurkan STB dalam beberapa tahun mendatang untuk memperkaya cara menceritakan kisah Singapura.

Berdasarkan catatan Tribunnews, sepanjang 2024 ini sejumlah event MICE besar telah dan akan diselenggarakan di Singapura. Diantaranya, Singapore Airshow pada 20 – 25 Februari, World Congress of Anesthesiologists pada 3 – 7 Maret, Asia Photonics Expo pada 6 – 8 Maret, Milipol Asia-Pacific TechX Summit 2024 pada 3 – 5 April, The Meetings Show Asia Pacific 2024 pada 17 – 18 April, serta Entrepreneurs’ Organisation Global Leadership Conference pada 22 – 25 April.

Memasuki bulan Mei, akan digelar CeMAT Southeast Asia pada 15 – 17 Mei, disusul kegiatan Rotary International Convention pada 25 – 29 Mei, NRF 2024: Retail’s Big Show Asia Pacific pada 11 – 13 Juni, 11th Milken Institute Asia Summit 2024 pada 18 – 20 September, serta SuperReturn Asia pada 24 – 27 September.

Memasuki kuartal IV 2024, Singapura akan menggelar Worldchefs Congress and Expo selama 6 hari pada 20 – 25 Oktober, World Architecture Festival pada 6 – 8 November, Global Sustainable Tourism Council Global Conference pada 13 – 15 November, dan Singapore International Agri-Food Week pada 18 – 22 November.

Pada penyelenggaraan The Meeting Show Asia Pacific 2024 pada 17-18 April 2024 di Sands Expo and Convention Centre di Singapura, lalu sebanyak 24 agen wisata dari Indonesia turut berpartisipasi.

Acara ini mengumpulkan para profesional di bidang pertemuan, mulai dari destinasi global, venue acara, hotel, dan pemasok kunci, serta menghadirkan kesempatan bagi delegasi Indonesia untuk berjejaring, bertukar pengetahuan, dan mencari peluang kolaborasi.

Effendy Dharmawan, CEO Preferred Tours Management yang jadi partisipan mengatakan, melalui partisipasi di The Meeting Show Asia Pacific 2024, pihaknya dapat bertemu dengan biro konvensi dari berbagai belahan dunia, termasuk Eropa, dan Amerika Utara.

Dia mengaku terkesan dengan upaya penyelenggara acara yang menerapkan praktik keberlanjutan, seperti aplikasi digital untuk janji temu, penggunaan alat makan bebas plastik, dan tali nama yang dapat didaur ulang.

Marina Bay Sands yang jadi lokasi penyelenggaraan acara sudah mendapatkan sertifikasi sebagai Green Building.

Yap Chin Siang, Deputy Chief Executive Singapore Tourism Board menyatakan, pengembangan bisnis MICE di Singapura didukung oleh infrastruktur, dan event berkualitas.

Singapura telah menetapkan target, standar, program sertifikasi, dan insentif yang jelas untuk membangun industri MICE yang lebih ramah lingkungan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat