androidvodic.com

Mengeksplorasi Minat dan Bakat di Masa Purna? Kredit BRIguna Berikan Solusinya - News

News - Setelah pensiun, banyak orang merasa kehilangan arah dan tujuan hidup karena tidak lagi terikat dengan pekerjaan. 

Namun, masa purna juga merupakan waktu yang tepat untuk mengeksplorasi minat dan bakat baru yang mungkin telah terlupakan atau belum pernah dieksplorasi sebelumnya. 

Lantas, bagaimana cara untuk menemukan kembali passion yang terlupakan tersebut dan mengeksplorasi minat dan bakat di masa purna? Anda bisa memulainya dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Refleksi diri

Pertama-tama, Anda bisa memikirkan apa yang benar-benar membuat Anda bahagia dan bersemangat. Anda juga bisa mencoba mengingat kembali kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan di masa muda dahulu. Apakah itu seni, musik, olahraga, atau hal lainnya? 

2. Eksplorasi minat baru

Usia yang terus bertambah jangan sampai membuat Anda takut untuk mencoba hal-hal baru.

Untuk bisa menemukan minat baru, Anda bisa mengikuti  kelas atau workshop, bergabung dengan klub atau komunitas. Anda juga bisa menjajal aktivitas-aktivitas yang selalu Anda ingin lakukan, tetapi tidak pernah punya waktu untuk mencobanya.

3. Kembangkan bakat terpendam

Apakah Anda memiliki bakat yang selama ini belum sempat diperdalam? Itu bukan hal yang aneh, mengingat kesibukan di masa muda sering kali membuat seseorang mengabaikan bakat dan potensi mereka yang terpendam.

Nah, saatnya gunakan waktu pensiun untuk mengasah dan mengembangkan bakat-bakat tersebut!

4. Jadi sukarelawan

Jika Anda merasa memiliki banyak waktu luang di masa purna, Anda dapat menawarkan waktu dan keterampilan Anda sebagai sukarelawan atau volunteer. 

Volunteering adalah cara yang baik untuk menemukan passion baru. Terlebih, kegiatan ini juga dapat membantu memperluas network dan mengizinkan Anda untuk terhubung dengan sebuah komunitas yang membawa dampak baik. 

5. Jangan takut gagal

Yang terakhir namun sangat penting, jangan pernah merasa takut untuk gagal. Percayalah, proses menemukan kembali passion Anda mungkin memerlukan waktu dan percobaan. 

Namun, jangan biarkan rasa takut dan keraguan menghambat hingga Anda mengubah arah jika ada banyak hal-hal yang tak sesuai dengan harapan Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas Anda dapat membuka diri pada peluang baru dan menemukan kembali passion yang memberi makna serta menjadi awal dari petualangan baru pada hidup Anda di masa purna

Jika Anda sudah berhasil melakukannya, langkah berikutnya adalah mengelola dana purna secara cermat untuk mendukung diri dalam mengeksplorasi minat dan bakat. 

Pengelolaan keuangan memang dapat menjadi kekhawatiran tersendiri di masa purna, namun Anda tidak perlu bimbang karena BRI menyediakan solusi yang tepat melalui BRIguna Purna. 

BRIguna Purna adalah produk pinjaman dari BRI yang dapat dinikmati oleh para pensiunan Taspen, Asabri dan BUMN untuk kebutuhan konsumtif maupun produktif selama masa purnanya.

Proses pengajuan BRIguna Purna sangatlah mudah. Setelah mengetahui persyaratan yang dibutuhkan, Anda dapat mengajukan pinjaman dengan cara mengunjungi kantor cabang BRI terdekat. Isilah formulir pengajuan pinjaman dan lengkapi semua persyaratan dokumen yang dibutuhkan. 

Prosesnya pun tidak membutuhkan waktu terlalu lama, dan dana pinjaman dapat langsung cair ke rekening BRI Anda.

Pastikan anda sudah memiliki rekening BRI sebelum mengajukan pinjaman pensiunan BRI Briguna Purna. Apabila masih ada pertanyaan terkait BRI BRIguna Purna, silakan hubungi call center BRI di nomor 14017/1500017 atau bisa mengklik link ini

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat