androidvodic.com

Harga Tiket Pesawat ke Balikpapan Meroket, Menparekraf Minta Tambah Penerbangan - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Harga tiket pesawat Jakarta ke Balikpapan dikeluhkan meroket karena makin mahal dan tiket pun sulit didapatkan. Kementerian Perhubungan diminta menambah jadwal penerbangan dari Jakarta tujuan Balikpapan.

Di salah satu aplikasi penyedia layanan pemesanan tiket pesawat, harga tiket pesawat Jakarta ke Balikpapanberkisar Rp 1,3 juta hingga Rp 2,1 juta untuk penerbangan langsung di bulan Mei ini.

"Bukan hanya mahal, tidak ada tiketnya. Kami sudah meminta penambahan jumlah penerbangan melalui Menhub," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno ketika ditemui di kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2024).

Selain itu, beberapa opsi seperti menghidupkan rute kapal laut dari Jakarta ke Balikpapan harus diambil.

"Perlu disiapkan juga kapal dari Makassar (tujuan Jakarta waktu tempuhnya) 16 jam. Dari Banjarmasin (tujuan Jakarta waktu tempuhnya) semalam. Dari Surabaya sehari semalam. Mungkin beberapa opsi ini kita harus dihidupkan," ujar Sandiaga.

Dalam kesempatan sama, dia memprediksi pada semester II 2024 harga tiket pesawat akan menurun karena jumlah armada yang semakin bertambah.

"Ini akan makan waktu, tapi saya melihat paruh kedua di 2024, di mana jumlah pesawat akan semakin banyak dan ada redeployment daripada fleet yang dimiliki oleh maskapai nasional yang akan melayani beberapa destinasi-destinasi Populer seperti Bali. Jadi, mudah-mudahan tidak terlalu lama lagi," tutur Sandiaga.

Baca juga: Jumlah Penumpang Anjlok, Harga Tiket Pesawat Sebabkan Inflasi

"Banyak juga promo-promo [tiket pesawat] kemarin ke beberapa destinasi yang kita promosikan juga. Jadi, stay tune mudah-mudahan bisa dapat tiket murah," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat