androidvodic.com

Orang Indonesia Ditunjuk Sebagai Cluster CEO di Standard Chartered, Berikut Sosoknya - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Rino Donosepoetro ditunjuk sebagai Cluster CEO Indonesia and ASEAN Markets (Australia, Brunei and the Philippines) Standard Chartered menggantikan Andrew Chia.

Rino akrab disapa Donny menggantikan Chia, yang kini menjabat sebagai Head of Wealth and Retail Banking (WRB) untuk Singapura, ASEAN, dan Asia Selatan.

Head of Corporate Affairs, Brand & Marketing (CABM) Indonesia & ASEAN Markets (Australia, Brunei and the Philippines) Standard Chartered Diana Mudadalam menerangkan, Donny merupakan orang Indonesia pertama yang dipercayakan sebagai CEO di Standard Chartered Indonesia pada tahun 2016-2019.

Lalu, diangkat sebagai Vice Chairman ASEAN dan secara paralel berperan sebagai Presiden Komisaris untuk Indonesia selama periode 2019-2023.

Baca juga: Standard Chartered Prediksi Harga Bitcoin Tahun Depan Tembus Rp 1,8 Miliar

"Donny adalah seorang bankir Indonesia senior yang telah berkarier di Standard Chartered selama lebih dari 25 tahun," ujarnya di Jakarta, Kamis (16/4/2024).

Donny memulai karir profesional di Standard Chartered Indonesia sebagai Graduate Management Trainee.

Kemudian, dia berkesempatan bergabung dengan Group CEO office Standard Chartered di London, Inggris, dan selanjutnya meniti karir di tujuh negara dimana Standard Chartered beroperasi. Negara-negara ini mencakup United Arab Emirates (UAE), Chile, Singapura, Falkland Island, dan Brunei Darussalam.

Sejumlah posisi eksekutif yang pernah dijabat olehnya antara lain CEO Standard Chartered di Kepulauan Falkland pada periode 2007-2010 dan Brunei Darussalam pada tahun 2014-2016.

Penunjukan Donny untuk mengawasi sejumlah negara penting untuk Standard Chartered yang mencakup Indonesia, Australia, Brunei dan Filipina dinilai menjadi bukti kepemimpinannya dan komitmen bank mengembangkan talenta serta keahlian lokal.

Hal ini juga sekaligus menggambarkan potensi dan pentingnya Indonesia yang ditetapkan Standard Chartered sebagai hub atas tiga wilayah lainnya yakni Australia, Brunei dan Filipina.

"Pengetahuan Donny yang luas mengenai kawasan ini, ditambah dengan pengalaman internasionalnya yang mendalam, menempatkannya untuk memimpin klaster ini dengan baik," terangnya.

Kini, Donny juga menjabat sebagai Chairman dari Indonesia British Chamber of Commerce (Britcham) yang mencerminkan hubungan kuat dengan komunitas bisnis. Dirinya merupakan warga negara Indonesia pertama yang memegang posisi ini dalam 44 tahun sejarah BritCham Indonesia.

Donny turut berperan sebagai salah satu board member dari United Kingdom-ASEAN Business Council dan juga Southeast Asia Advisory Committee for the British International Investment.

Di kesempatan yang sama, Donny berbagi tentang strategi Standard Chartered.

Di sisi bisnis Corporate and Investment Banking (CIB) Standard Chartered akan terus mendorong masuknya foreign direct investment ke Indonesia dengan mengandalkan jaringannya yang kuat.

"Terutama sebagi satu satunya bank asing yang hadir di semua negara anggota ASEAN. Cina, Korea dan Jepang merupakan negara-negara dengan hubungan bisnis yang kuat dengan Indonesia yang juga merupakan fokus pertumbuhan bisnis bagi Standard Chartered," terang Donny.

Donny menjelaskan bahwa Bank menempatkan aspek keberlanjutan sebagai bagian inti dari bisnis dan kegiatan operasionalnya, terutama di negara dengan aspirasi keberlanjutan yang tinggi seperti Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat