androidvodic.com

Pebisnis Jaring Pemasok dan Offtaker di Inabuyer Expo 2024 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan, pemerintah berupaya memajukan perekonomian agar pertumbuhan ekonomi terus stabil dari tahun ke tahun.

"Pertumbuhan ekonomi saat ini stabil di kisaran 5 persen, tidak pernah dibawah 4 persen hal ini didukung juga oleh semua pihak," ungkap Jerry Sambuaga saat membuka pameran Inabuyer B2B2G Expo 2024 yang berlangsung di gedung Smesco, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024.

Jerry mengatakan, untuk mendorong perekonomian terus tumbuh, ativitas pameran yang mempertemukan antara buyer dan pembeli atau offtaker seperti Inabuyer B2B2G Expo 2024 akan bisa mendorong para pebisnis naik kelas.

Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Budihardjo Iduansjah mengatakan pihaknya konsisten menyelenggarakan Inabuyer B2B2G Expo berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi & UKM dan dengan dukungan penuh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Smesco dan diinisiasi oleh Spectindo.

Baca juga: Tinggalkan Dolar AS, Indonesia dan Uni Emirat Arab Sepakat Gunakan Mata Uang Lokal untuk Perdagangan

"Kegiatan ini digelar untuk mendukung program Belanja di Indonesia Aja, Beli Buatan Indonesia, Bangga Buatan Indonesia dan Kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) - Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)," ujarnya.

Penyelenggaraan Inabuyer B2B2G Expo 2024 menampilkan serangkaian kegiatan yang menarik mulai dari
talkshow, diskusi panel, workshop, seminar, member gathering, hingga launching Komunitas Buyer yang akan mendukung percepatan penyiapan rantai pasok sehingga produk-produk yang bervariasi dapat tercipta dari acara ini.

“HIPPINDO sebagai wadah para peritel dan penyewa sangat mendukung kemajuan industri dalam negeri guna membangun ekonomi yang kuat. Peritel sebagai penggerak terdepan sektor perdagangan membutuhkan rantai pasok yang dapat diandalkan dan berkualitas untuk memastikan ketersediaan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen," ungkap Budiarto.

Dia menambahkan, kolaborasi antara sektor hilir dan hulu dapat terjadi dengan lebih lancar, sehingga memastikan bahwa produk-produk yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan standar konsumen karena peritel dapat memberikan masukan mengenai tren pasar dan preferensi konsumen.

Jerry Sambuaga menambahkan, event seperti Inabuyer ini bisa memajukan produk-produk lokal sekaligus mempertemukan para pemilik produk lokal dengan para calon buyer potensialnya.

Di penyelenggaraan Inabuyer tahun ini, HIPPINDO juga bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Riset & Teknologi untuk mengintegrasikan pendidikan vokasi dengan kebutuhan industri, melalui pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan industri, program ini akan membantu menciptakan tenaga kerja yang siap terjun ke industri ritel dan bersaing di pasar global.

"Kami berharap acara ini dapat menjadi salah satu acara yang menarik investasi asing dalam proyek-proyek e-katalog pemerintah, rantai pasok BUMN, rantai pasok ritel, dan infrastruktur seperti IKN.," kata Budihardjo.

"Strategi ini dapat menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kerjasama internasional dan mendukung pertumbuhan ekonomi," imbuhnya.

Pembukaan Inabuyer B2B2G Expo 2024 dihadiri Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa/LKPP Hendrar Prihadi, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman dan Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah.

Penyelenggaraan Inabuyer tahun 2023 lalu berhasil membentuk potensi kerjasama senilai Rp 1.003 triliun, dengan total 5.613 pengunjung, dan diikuti 102 booth supplier dan 82 booth buyer dan dihadiri 32 kementerian/lembaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat