androidvodic.com

Siswa SMA-SMK Didorong Ciptakan Bisnis Inovatif Lewat Regional Student Company Competition - News

Hasiolan EP/News

News – Menutup rangkaian Zurich Entrepreneurship Program tahun kedua, Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggelar ‘Regional Student Company Competition’ secara daring pada hari Sabtu (4/5) dan (11/5).

Pada ajang ini, para siswa berkesempatan untuk memaparkan sejumlah inovasi berupa 40 bisnis baru yang berhasil mengkontribusikan total pendapatan bisnis hingga lebih dari Rp 320 juta pada pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia, mengungkapkan, “Zurich Entrepreneurship Program mendorong generasi muda untuk mengasah potensi dalam berwirausaha. Sejalan dengan tujuan kami untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah, melalui program ini kami menciptakan peluang ekonomi sekaligus mempersiapkan generasi muda untuk memasuki dunia bisnis.”

Baca juga: Edukasi Manajemen Logistik Modal Penting Pelaku UMKM untuk Jangkau Pasar Lebih Luas

Zurich Enterpreneurship Program telah memberikan edukasi kewirausahaan secara berkala kepada lebih dari 3.400 siswa dari 40 SMA dan SMK di 11 kota dan kabupaten di Indonesia sejak Agustus 2023.

Para siswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menginisiasi bisnis, mengelola keuangan pribadi, dan merencanakan karier masa depan serta membuat inovasi-inovasi untuk merespon kebutuhan pasar sekaligus menyelesaikan isu lingkungan.

Berbagai produk inovatif yang dihasilkan antara lain penghilang noda dari limbah kulit pisang, pengering pakaian portabel, tinta pulpen berbahan organik, eco-leather dari limbah kulit jeruk, dan media edukasi mewarnai anak yang terbuat dari daur ulang kertas.

Adriana Poglia, Head of Enabling Social Equity Z Zurich Foundation, menambahkan, “Kami yakin bahwa ketika kami memberikan pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan baru kepada generasi muda, kami dapat membuka kepercayaan diri mereka dan membantu mereka mewujudkan potensi mereka. Dengan melibatkan lebih banyak siswa, guru, dan sekolah pada tahun kedua pelaksanaan program ini, kami bertujuan untuk menciptakan perubahan jangka panjang di masyarakat dan memberikan dampak positif bagi generasi muda di seluruh Indonesia.”

Hingga tahun 2025, Zurich Entrepreneurship Program ditargetkan dapat memberdayakan lebih dari 9.000 siswa SMA dan SMK di Indonesia dengan keterampilan esensial untuk menciptakan peluang ekonomi melalui kewirausahaan.

Dalam program ini, karyawan Zurich juga terlibat secara sukarela sebagai mentor yang berbagi pengetahuan praktis dan pengalaman riil dari dunia bisnis.

Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, mengatakan, “Selain melatih pola pikir wirausaha, program ini juga menanamkan etika dan prinsip berkelanjutan dalam membangun bisnis. Hal ini akan menjadi nilai penting bagi generasi muda untuk tumbuh menjadi pemimpin bisnis masa depan yang bertanggung jawab. Kami akan terus berkolaborasi dengan Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation untuk mengoptimalkan dampak dari program ini.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat