androidvodic.com

Luhut Buka-bukaan Soal Pertemuan Jokowi dan Elon Musk: Bahas Starlink hingga Tesla - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, BALI - Pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan CEO SpaceX Elon Musk usai pembukaan seremonial World Water Forum ke-10 dinilai berjalan hangat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memandang, terasa kental hubungan persahabatan yang ada dalam pertemuan tersebut.

"Saya kira pertemuan mereka sangat bersahabat dan Elon Musk memberikan apresiasi banget terhadap pertemuannya dengan Pak Jokowi," kata Luhut ketika ditemui di The Laguna Resort & Spa Nusa Dua, Bali, Senin (20/5/2024) malam.

Baca juga: Jokowi: Kelangkaan Air Bisa Picu Perang

Sebelumnya dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengapresiasi Elon Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara di forum air dunia ini dan membahas pentingnya pengelolaan air.

Jokowi juga mengundang Elon Musk untuk mengembangkan lebih lanjut investasinya di Indonesia, yang mencakup perusahaan-perusahaan seperti SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring.

"Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital," ujar Jokowi di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 di Bali International Convention Center (BICC), Senin (20/5/2024).

"Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia,” lanjutnya.

Terkait dengan kerja sama Starlink yang telah berjalan, Jokowi berharap Starlink dapat bersinergi dengan penyedia internet di Indonesia untuk menyediakan akses internet yang terjangkau dan mengutamakan perlindungan konsumen.

Starlink diharapkan dapat memberikan harga yang lebih murah untuk penggunaan layanan publik termasuk di Puskesmas hingga sekolah terpencil di Indonesia.

Baca juga: Momen Jokowi Perkenalkan Prabowo sebagai Presiden Terpilih RI di World Water Forum

Sementara itu, Elon Musk menyatakan kehormatannya bisa berpartisipasi dalam forum ini dan merasa senang bisa berada di Bali.

"Kami berharap dapat menyediakan konektivitas Starlink untuk mendukung fasilitas pendidikan dan kesehatan di Indonesia,” kata Musk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat