androidvodic.com

Polisi Investigasi Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balikpapan - News

News,- Polres Balikpapan menerjunkan tim untuk melakukan investasi penyebab kebakaran kilang minyak Balikpapan pada Sabtu (25/5/2024) pagi

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto mengatakan, saat ini tim sedang melakukan asesment untuk menganalisa penyebab kebakaran tersebut.

Bahkan, Tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) juga telah berada di TKP.

"Tim Inafis kami sudah masuk ke TKP. Dalam kejadian ini, mereka mencari tahu penyebabnya dengan mengumpulkan bukti-bukti yang ada di lapangan," ungkapnya kepada TribunKaltim.co di depan Kantor PT KPI RU V, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca juga: Pengamat Energi: Sudah Berulang Kali Kilang Minyak Pertamina Kebakaran, Ini Jadi Pertanyaan

Ia menyebut, Polres Balikpapan akan berkoordinasi dengan tim Laboratorium Forensik (Labfor) untuk mencari tahu penyebab kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan.

"Kita berkoordinasi dengan labfor yang kita datangkan secepatnya untuk bisa mencari tahu apa akibat dari kebakaran tersebut," ujar Anton Firmanto.

Sementara itu, General Manager Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho menambahkan, pihaknya juga turut melakukan investigasi untuk mencari tahu penyebab pasti kebakaran.

Selain dibantu oleh pihak kepolisian, pihaknya juga mengerahkan tim migas dan lembaga pemerintah yang lain, seperti Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN) untuk terlibat aktif dalam kegiatan asesmen.

"Mudah-mudahan ketika sudah selesai, bisa kita perkirakan kapan bisa kita lanjutkan lagi kilang kita," tutur Bayu.

Menurutnya, titik api kebakaran itu berasal dari unit ditilasi minyak mentah atau Crude Distillation Unit (CDU) IV.

Meskipun begitu, Bayu memastikan tidak ada korban jiwa baik dari pekerja maupun pemadam kebakaran saat peristiwa kebakaran terjadi.

"Syukur alhamdulillah kebakaran bisa diselesaikan pada pukul 07.30 wita tanpa ada korban jiwa," ungkapnya.

Bayu juga menambahkan, untuk kebutuhan bahan bakar nasional masih bisa dipenuhi dengan sinergitas yang dimiliki antar kilang. Sehingga, ia memastikan, pasokan aman.

"Insya Allah masih bisa kita penuhi karena kita punya sinergitas antar kilang, jadi kita masih dapat back-up dari kilang-kilang lainnya yang kita miliki di Pertamina," pungkasnya. (Ardiana/TribunKaltim)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltim.co dengan judul Polisi Investigasi untuk Cari Tahu Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina di Balikpapan Kaltim

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat