androidvodic.com

Membongkar Peluang Emas: Jelajahi Bisnis Import Barang dari China Jadi Lebih Mudah - News

News - Sejak dulu, bisnis import barang dari China masih sangat eksis hingga kini. Bagaimana tidak, selisih harga jual dan belinya sangatlah besar. Hal tersebut membuat bisnis ini sangat menarik bagi kebanyakan orang.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa keuntungan yang besar memiliki resiko yang besar pula. Maka dari itu, perlu yang namanya belajar mengenai seluk beluk dari bisnis ini untuk meminimalisir resiko.

Kali ini, akan dibahas mengenai alasan mengapa bisnis ini menarik, langkah awal yang perlu dilakukan, hingga tantangan yang akan dihadapi ketika bisnis berjalan.

Tanpa berlama-lama, yuk mari simak artikel di bawah ini hingga akhir agar Anda memiliki dasar pengetahuan untuk segera dapat memulai bisnis import barang dari China!

Keunggulan Import Barang dari China

1. Harga Terjangkau

Alasan yang paling mendasar mengapa import barang dari China itu sangat unggul yaitu karena harganya begitu murah. Ditambah, harga yang dipasarkan di dalam negeri juga cukup tinggi. Hal tersebut membuat tingginya margin yang didapat, bahkan ada yang mencapai lebih dari 100 persen pada produk-produk tertentu.

2. Produk Bervariasi

Alasan kedua yaitu sangat beragamnya produk yang ditawarkan oleh pedagang dari China. Kualitas yang ditawarkan pun cukup bagus jika dibandingkan dengan produk serupa dengan harga yang lebih mahal.

3. Kemudahan Akses

Alasan selanjutnya yaitu mengenai akses yang mudah. Anda hanya perlu memiliki smartphone atau komputer yang terhubung dengan koneksi internet tanpa perlu repot ke negara China langsung untuk mencari barang yang akan dijual di dalam negeri. Beberapa marketplace China yang cukup banyak diakses dan direkomendasikan antara lain, Alibaba, 1688, TaoBao, Tmall, dan AliExpress.

4. Efisiensi Waktu

Alasan terakhir yaitu terkait waktu pengiriman yang relatif cepat. Sebab, pengiriman barang dari China hingga tiba di Indonesia paling cepat hanya memakan waktu sekitar 14 hari saja melalui jalur udara.

Langkah Awal yang Perlu Diperhatikan

1. Riset Produk

Tahap awal yang perlu dilakukan ialah penentuan beberapa produk dengan melakukan riset yang mendalam. Hal ini dilakukan agar Anda mendapatkan produk yang berpotensial. Maka itu, carilah produk yang unik dan memiliki margin yang cukup tinggi agar keuntungan yang didapat juga maksimal.

2. Riset Pasar

Tahap kedua yaitu pastikan produk potensial yang telah difilter sebelumnya memiliki peminat yang sangat banyak, sehingga nantinya produk dapat terjual dengan mudah.

3. Riset Supplier

Tidak semua supplier yang ada pada marketplace China terpercaya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda pilih supplier yang telah terverifikasi untuk jaminan keamanan transaksi dan kualitas yang lebih terjamin untuk keberlanjutan bisnis.

4. Pemahaman Regulasi dan Prosedur Import

Sebelum Anda benar-benar terjun pada bisnis ini, ada baiknya mempelajari mengenai regulasi dan prosedur yang berlaku untuk dapat mengimport barang dari China. Hal ini dilakukan karena tiap negara asal dan jenis produk memiliki peraturan yang berbeda untuk dapat masuk ke Indonesia.

Tantangan Import Barang dari China

1. Persaingan yang Ketat

Tantangan yang sangat berat yaitu persaingan yang begitu ketat di dalam negeri. Maka dari itu, Anda perlu mempelajari cara riset produk potensial dan digital marketing agar starategi pemasaran yang dilancarkan berjalan secara efektif dan juga efisien.

2. Fluktuasi Nilai Tukar Mata Uang

Selanjutnya ada masalah mengenai nilai tukar uang rupiah terhadap yuan. Hal ini sangat umum terjadi bila Anda berkecimpung dalam perdagangan internasional. Solusi dari masalah ini Anda hanya perlu menyesuaikan harga jualnya saja karena permasalahan nilai tukar sangat sulit untuk diprediksi.

3. Permasalahan Logistik

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi yaitu keterlambatan pengiriman barang karena beberapa alasan, salah satunya yaitu red line. Jika terjadi red line, maka barang akan tiba lebih lama dari waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya.

4. Kualitas Produk

Masalah terkait kualitas produk yang tidak sesuai kerap terjadi dan menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis import. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus memastikan adanya kontrak pembelian yang detail agar masalah ini dapat diatasi nantinya.

Itulah beberapa pengetahuan awal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis import barang China. Agar dalam pelaksanaannya lebih mudah, lebih disarankan untuk memakai jasa import China terpercaya seperti Ducking.id atau ETH Cargo.

Hal tersebut bukannya tanpa alasan, jika Anda harus menghandle semuanya sendiri akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mempelajari berbagai hal seperti bahasa, regulasi, kebijakan, dan cara pengurusan custom clearance di bea cukai.

Oleh karena itu, akan lebih bijak bila semua urusan mengenai pencarian produk, supplier, dan pengirimannya diserahkan kepada jasa import barang dari China. Setelahnya, Anda hanya perlu memikirkan tentang produk potensial dan permasarannya di Indonesia. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat