androidvodic.com

Tokoh Perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita Terima Penghargaan Doktor Honoris Causa - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hendra Gunawan

News — Pemikiran-pemikiran dan kiprah tokoh perkebunan Indonesia Soedjai Kartasasmita  di bidang perkebunan membuatnya disebut sebagai begawan perkebunan nasional.

Atas jasa-jasanya tersebut, dia mendapat anugerah doktor kehormatan (honoris causa) dari Universitas Sumatera Utara (USU) pada awal pekan ini.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), Mohammad Abdul Ghani menyampaikan, anugerah tersebut sangat layak diberikan kepada Soedjai Kartasasmita lantaran telah mencurahkan dedikasinya yang patut diteladani bagi planters perkebunan.

“Bapak Soedjai Kartasasmita adalah salah satu putra terbaik bangsa, beliau telah menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pengembangan sumber daya manusia, penerapan teknologi informasi, dan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam industri perkebunan,” ungkapnya usai acara penganugerahan tersebut.

Menurutnya, sosok Soedjai bisa menjadi inspirasi utama bagi generasi muda planters nusantara yang ingin berkiprah di sektor perkebunan.

Kepeduliannya terhadap peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) tercermin melalui program pelatihan dengan negara lain untuk mengembangkan pengetahuan SDM tentang manajemen perkebunan modern.

Dia menginisiasi kerjasama untuk mempromosikan energi terbarukan dan mengedepankan inovasi penggunaan cangkang kelapa sawit sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik ramah lingkungan, menjadikan industri perkebunan lebih berkelanjutan dan efisien.

Dengan jaringan yang luas baik di dalam maupun luar negeri, Soedjai menjadi pemain kunci dalam memfasilitasi kerja sama dan kolaborasi yang strategis untuk memajukan industri perkebunan di Indonesia.

Keberadaannya tidak hanya memperluas cakupan akses terhadap teknologi dan sumber daya, tetapi juga membuka pintu bagi pertukaran ide dan praktik terbaik dari berbagai negara.

Mantan Menteri Pertanian Bungaran Saragih menyatakan, Soedjai Kartasasmita merupakan pioneer di bidang perkebunan.

Baca juga: BUMN Perkebunan Terapkan 3 Strategi untuk Redam Kelangkaan Minyak Goreng di Pasar

“Sukses sawit kita ini disebabkan oleh sumber daya alam, SDM, manajemen, dan leadership yang
bagus, dan salah satu pemain utamanya adalah beliau,” ungkapnya.

Dia menilai, pemberian penganugerahan Doktor Kehormatan yang diberikan Universitas Sumatera Utara adalah hal yang tepat.

“Saya sangat menghargai itu. Karena banyak contoh yang dikasih beliau, tidak hanya pembangunan perkebunan, tetapi juga kepribadian yang baik. Tidak banyak anak Indonesia yang seperti ini, dan kita harus menghargai itu,” ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat