androidvodic.com

Melukis Harapan Lewat Celengan Karakter Animasi Bahan Gipsum, Sukses Keliling Pulau Jawa Berkat JNE - News

News - Umumnya, jika kita masuk rumah, pasti yang akan menyambut meja dan kursi tamu tertata rapi.

Tapi, bagaimana jika kita masuk rumah disambut dengan barisan celengan karakter animasi seperti Doraemon, Hello Kitty, Keroppi, Minion, Spiderman, Winnie The Pooh, dan masih banyak lagi dengan berbagai ukuran yang tertata rapi di etalase serta rak?

Jangan kaget, pemandangan ini bisa kamu temui di rumah Setiyanto (47), pria paruh baya asal Desa Bentakan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo berhasil menyulap ruang tamu rumahnya menjadi tempat produksi aneka bentuk celengan lukis karakter animasi untuk anak berbahan dasar gipsum sejak tahun 2020 silam.

Setiyanto mulai usaha ini setelah terkena gelombang Pengakhiran Hubungan Kerja (PHK) dari perusahaan tempatnya bekerja saat pandemi covid-19 melanda Indonesia.

"Iseng-iseng cari peluang bisnis lewat Youtube yang menguntungkan dengan modal sedikit dan bisa dikerjakan di rumah, ketemulah celengan karakter animasi bahan gipsum ini, saya belajar secara otodidak melalui Youtube," ujar Setiyanto saat ditemui tim News, Rabu (19/6/2024) sore.

Melihat potensi produk kerajinan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) celengan lukis karakter semakin menjanjikan dan bisa mendatangkan cuan, akhirnya mencoba memproduksi celengan sendiri di tempat tinggalnya.

Yanto, sapaan akrab-nya, menuturkan dulu waktu pertama kali memproduksi hanya satu sampai dua celengan saja.

Lambat laun setelah sudah mahir, setiap hari rata-rata mampu membuat 40 buah celengan berbagai karakter animasi dengan 2 ukuran, 15cm dan 20cm.

Tak ayal, meski baru berjalan kurang lebih 4 tahun berkat ketekunan dan kegigihannya berhasil meraup cuan jutaan rupiah tiap bulannya lewat penjualan celengan.

Selain meraup untung jutaan rupiah, hasil karya celengan lukis berbentuk karakter animasi sudah keliling ke berbagai daerah di Pulau Jawa dengan jasa kurir PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE).

Ingin menularkan ilmu ke masyarakat

Beberapa produk celengan karakter animasi dari gipsum buatan Setiyanto
Beberapa produk celengan karakter animasi dari gipsum buatan Setiyanto yang sudah diwarnai atau dilukis. (dok.News)

Produk UMKM yang ditekuni ini terus berupaya menorehkan karya terbaik yang tidak semata meraup keuntungan untuk kelangsungan ekonomi rumah tangganya.

Tetapi juga berobsesi mengangkat potensi kerajinan Desa Bentakan seiring dengan mudahnya berjualan online.

"Di Desa Bentakan ini yang mempunyai usaha produksi celengan karakter animasi hanya saya saja, tapi saya sempat berbicara ke masyarakat di rapat bulanan, kalau saya terbuka untuk masyarakat yang ingin mencoba belajar cara memproduksi dan cara menjualnya seperti apa," ungkap Setiyanto.

Yanto, mengakui dalam menjual produk celengan karakter animasi sangat mudah, karena produk ini mempunyai pasar tersendiri terutama untuk anak-anak yang masih sekolah jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat