androidvodic.com

Dukung Pedagang Kopi Keliling, Kapal Api Salurkan Bantuan Modal Kerja hingga 1 Miliar Rupiah - News

News - Kopi telah menjadi salah satu jenis minuman yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, baik tua maupun muda. 

Pada tahun 2023 lalu, Snapcart melakukan sebuah studi yang bertujuan untuk mencari tahu tren konsumsi kopi terkini di Indonesia. Dengan sampel sebanyak 4.538 responden, studi tersebut menemukan bahwa sebesar 79 persen masyarakat Indonesia merupakan peminum kopi. 

Dari angka tersebut, ternyata sebagian besar penikmat kopi memenuhi asupan kafeinnya dari warung-warung dan pedagang berskala kecil yang menjual kopi bubuk dalam bentuk saset. 

Tren mengonsumsi kopi ini juga bisa dilihat dari banyaknya jumlah para pedagang kopi keliling yang berseliweran di jalanan kota-kota besar seperti Jakarta. 

Kapal Api Group menyadari betul peranan penting para pedagang kopi keliling dalam mendukung aktivitas sehari-hari masyarakat, termasuk di kota-kota besar. Maka itulah, sejak tahun 2017, Kapal Api Group rutin menggandeng para pedagang kopi keliling di Jakarta lewat program pemberian manfaat sebagai sebuah bentuk kepedulian dan apresiasi. 

Hadirkan secangkir semangat kopi bersama pedagang kopi keliling

Tahun 2024 ini menjadi tahun yang istimewa, karena Kapal Api Group berkesempatan memberikan bantuan modal kerja dan peremajaan peralatan serta sarana hingga total di atas Rp1 miliar untuk 3.200 pedagang di Jakarta pada Kamis (20/6/2024).

“Pedagang kopi keliling merupakan salah satu partner strategis perusahaan dalam menghadirkan secangkir semangat kopi Kapal Api kepada seluruh masyarakat. Melalui para sahabat Komunitas Pedagang Kopi Keliling, Kopi Kapal Api makin dekat dengan para penikmat kopi hitam sejati dan modal kerja ini adalah salah satu bentuk apresiasi kami,” ujar  Ferdinand Tan selaku Group Brand Manager Kopi Kapal Api saat acara penyerahan modal kepada Komunitas Pedagang Kopi Keliling di Kwitang, Kamis (20/6/2024). 

Lebih lanjut, Ferdinand juga mengungkapkan tingginya permintaan akan kopi seduh yang siap minum setiap saat membuat peranan pedagang kopi keliling tidak boleh dipandang sebelah mata. 

Menurutnya, Pedagang Kopi Keliling secara rutin melayani dan memenuhi kebutuhan dari para penikmat kopi di area padat aktivitas seperti kantor, gedung pemerintahan, sekolah, atau area keramaian lainnya. 

Karena itu, pihaknya merasa senang dan bangga dapat secara langsung mendukung mereka, yang tentunya akan membantu para pedagang kopi keliling untuk menjangkau konsumen di berbagai lokasi. 

“Kita sebagai partner ingin terus membina mereka. Salah satunya dengan melakukan peremajaan kepada sarana para pedagang kopi keliling, agar mereka dapat terus lancar berjualan dan menarik mata konsumen,” tuturnya.

“Untuk pemberian modal kerja kita salurkan dari teman-teman para pemilik toko yang punya armada, jadi kita serahkan dalam bentuk produk. Sementara peremajaannya sendiri, kita menggandeng partner yang sudah bekerja sama untuk membina komunitas ini, seperti sepeda yang ada di depan ini, kita sudah melakukan peremajaan terhadap box-nya, lalu untuk troli kita berikan yang baru lengkap dengan branding yang baru,” jelas Ferdinand.

Bantuan modal kerja ini secara simbolis diserahkan oleh Ferdinand Tan kepada perwakilan dari Komunitas Pedagang Kopi Keliling di Jakarta, Haji Usman. 

Sebagai salah satu pedagang kopi keliling yang mempunyai pelanggan tetap di area Kwitang Senen, Usman mengapresiasi dukungan yang telah diberikan sejak lama oleh Kopi Kapal Api

“Terima kasih Kopi Kapal Api yang terus mendukung para pedagang kopi keliling selama lebih dari 10 tahun terakhir. Tentunya ini menjadi pendorong kepada semangat juang kami dalam mencari rezeki sehari-hari. Dengan dukungan dari Kopi Kapal Api, kami tidak akan berhenti berusaha dalam terus memenuhi kebutuhan para pecinta kopi, khususnya kopi Kapal Api “ ujarnya mewakili Komunitas Pedagang Kopi Keliling.

Para pedagang juga merasa dengan bantuan ini, Kapal Api secara tidak langsung membantu mereka untuk meringankan untuk modal usaha dalam menjajakan dagangan kopi setiap bulannya. 

Tidak berhenti pada pemberian modal kerja dan peremajaan sarana, Kopi Kapal Api pada akhir tahun ini juga akan mengadakan undian berhadiah ratusan juta rupiah, sepeda listrik, hadiah elektronik, logam mulia, hingga ibadah umroh kepada para pedagang yang turut serta menjadi bagian dari Komunitas Pedagang Kopi Keliling. 

Ferdinand mengungkapkan melalui undian ini, Kopi Kapal Api berharap dapat memberikan sesuatu kembali sebagai tanda terima kasih atas kontribusi para pedagang kopi keliling

“Kami berharap undian ini tidak hanya akan membawa kegembiraan dan antusias, tetapi juga memperkuat hubungan kami dengan mereka," tutup Ferdinand.

Baca juga: Industri Kopi di Indonesia Semakin Prospektif, Kapal Api Group Resmikan Pabrik Baru di Semarang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat